Jemaah Haji Jatim 2021 Batal Berangkat, Khofifah: Mohon Bersabar, Saat Ini Kesehatan Jadi Prioritas

0

Jemaah Haji Jatim 2021 Batal Berangkat, Khofifah: Mohon Bersabar, Saat Ini Kesehatan Jadi PrioritasGaekon.com – Di tengah Pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda membuat Pemerintah tidak mengizinkan jemaah haji 2021 untuk berangkat. Hal ini membuat sejumlah petinggi daerah ikut buka suara, tak terkecuali Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah turut menanggapi keputusan pemerintah tersebut. Menurutnya dengan pembatalan ini maka bisa dikatakan jika Allah SWT memang belum menakdirkan.

“Dengan pembatalan ini, sesungguhnya Allah SWT menakdirkan tahun sekarang belum diizinkan untuk melaksanakan ibadah haji,” kata Khofifah.

Khofifah berharap agar umat Islam tetap sabar dan tawakal atas keputusan ini. Pasalnya, hal ini juga demi keselamatan bersama.

“Mohon bersabar dan mudah-mudahan Covid-19 segera hilang dan segera diberikan kesempatan Allah untuk kembali menunaikan ibadah haji,” terangnya.

Meskipun ibadah haji merupakan kewajiban bagi orang yang mampu, namun Khofifah memberi pengertian bahwa karena ada pandemi Covid-19, kehati-hatian menjaga keselamatan nyawa, jiwa dan kesehatan menjadi prioritas.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, daftar tunggu haji di Jatim mencapai 31 tahun. Dengan adanya pembatalan keberangkatan jemaah haji pada 2021 ini bisa memperpanjang daftar tunggu haji di Jatim.

“Tadi sore ini, saya minta seorang kawan untuk daftar haji, ternyata sudah 31 tahun daftar tunggunya,” tutur Khofifah.

Sampai saat ini, Pemerintah Saudi belum mengundang Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang pelaksanaan ibadah Haji tahun 1442 Hijriah.

D For GAEKON