Gugur Lawan Covid-19, Jokowi Beri Tanda Kehormatan Bintang Jasa Untuk 300 Nakes Yang Gugur

0

Gugur Lawan Covid-19, Jokowi Beri Tanda Kehormatan Bintang Jasa Untuk 300 Nakes Yang GugurGaekon.com – Sebanyak 300 tanaga kesehatan (nakes) yang gugur atau meninggal dunia karena melawan virus Covid-19 mendapatkan tanda kehormatan bintang jasa dari Presiden Joko Widodo.

Melansir dari Kumparan, Jokowi memimpin penganugerahan gelar pahlawan dan pemberian tanda kehormatan bintang jasa ke sejumlah sosok yang dinilai memiliki kontribusi bagi bangsa dan negara.

Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono mengatakan bahwa Pasal 1 angka 1 UU 20/2009 menjelaskan gelar adalah penghargaan negara yang diberikan Presiden kepada seseorang yang telah gugur atau meninggal dunia atas perjuangan, pengabdian, darmabakti, dan karya luar biasa kepada bangsa dan negara; dan Pasal 26 tentang syarat khusus untuk gelar diberikan kepada seseorang yang telah meninggal dunia dan semasa hidupnya.

Ada 6 kriteria yang tertulis dalam Pasal tersebut, antara lain:

  1. pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa;
  2. tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan;
  3. melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya;
  4. pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara;
  5. pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa;
  6. memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi; dan/atau melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.

Terakhir, Pasal 28 Ayat (3) huruf a tentang syarat khusus untuk memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Jasa yaitu berjasa besar di suatu bidang atau peristiwa tertentu yang bermanfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan kebesaran bangsa & negara.

Gelar penghargaan negara tersebut diberikan Jokowi kepada 300 nakes yang selama ini sudah berjuang keras melawan Virus Covid-19 hingga akhirnya virus tersebut menyerang tubuhnya sendiri.

Tanda Kehormatan Bintang Jasa itu diberikan kepada 300 penerima. Bintang Jasa Pratama untuk 223 penerima dan Bintang Jasa Nararya kepada 77 penerima.

D For GAEKON