Jokowi Ingatkan Kedepannya Fakultas Kedokteran Harus Ada Mata Kuliah Robotic

0

Jokowi Ingatkan Kedepannya Fakultas Kedokteran Harus Ada Mata Kuliah RoboticGaekon.com – Presiden Joko Widodo berharap agar fakultas kedokteran di perguruan tinggi Indonesia harus mengerti mengenai robotic. Hal ini disampaikannya saat pidato dalam acara Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Jokowi mengingatkan perguruan tinggi di Indonesia tentang kecepatan perubahan yang tak terduga, apalagi akibat pandemi seperti sekarang ini.

“Dokter, misalnya. Bukan ke depan… sekarang ini harus mengerti mengenai robotic karena surgery bisa dengan advance robotic dan jarak jauh. Sudah terjadi, bukan akan. Hanya kita saja yang harus segera mengejar ini,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa mau tidak mau, Fakultas Kedokteran kedepannya harus ada mata kuliah tentang robotic.

“Artinya apa? Fakultas Kedokteran mau tidak mau harus ada mata pelajaran, mata kuliah tentang robotic, kalau kita tidak cepat mengubah hal-hal seperti ini, ditinggal kita,” lanjutnya.

Jokowi menilai bahwa yang paling cepat mengadaptasi perubahan-perubahan seperti ini adalah perguruan tinggi. Maka dari itu mahasiswa membutuhkan skill baru dan harus selalu update dengan teknologi.

“Yang membawa negara ini masuk ke transisi, untuk masuk ke gelombang-gelombang besar ini perguruan tinggi. Artinya memang perlu skill-skill untuk hal-hal yang baru dan sebelumnya tidak kita kenal, dan kita semuanya harus selalu update dengan teknologi, selalu,” tegas Jokowi.

Agriculture technology, ada pengukuran pakai drone, ada pengairan panen pengelolaan panas, semuanya. Melihat teknologi begitu sangat cepatnya berubah,” lanjutnya.

Atas dasar itu, Jokowi menegaskan kemampuan untuk adaptasi belajar terhadap disrupsi atau ketidakpastian adalah sebuah keharusan.

Jokowi juga memberikan contoh lain, pihaknya mengatakan IPB harus segera masuk ke agritech. Jokowi mengaku tidak hafal dengan istilah-istilah perubahan diberbagai sekor, karena saking cepatnya.

“Saya sampai enggak hafal. Satu baru lihat besoknya sudah keluar lagi yang lain-lain,” tutur Jokowi.

D For GAEKON