Jadi Raja Di Laut, Jokowi Ingin Indonesia Bangun Industri Pembuatan Kapal Sendiri

0

Jadi Raja Di Laut, Jokowi Ingin Indonesia Bangun Industri Pembuatan Kapal SendiriGaekon.com – Presiden Joko Widodo ingin agar Indonesia bisa membangun industri pembuatan kapal sendiri. Jokowi menilai bahwa sudah saatnya Indonesia menjadi poros ekonomi maritim dunia.

Melansir dari Kumparan, Jokowi mengatakan bahwa dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang maritim ini penting dikebut untuk mengejar target Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Pemanfaatan dan pengembangan iptek di dunia perkapalan dan pertumbuhan industri perkapalan di dalam negeri harus terus kita upayakan,” terangnya.

Jokowi mengungkapkan hal ini saat acara puncak Hari Maritim Nasional yang digelar Kementerian Kemaritiman dan Investasi, Kamis (23/9).

Tak hanya industri pembuatan kapal, Jokowi juga ingin industri jasa perhubungan hingga jasa logistik berskala global turut dikembangkan. Pasalnya, dukungan teknologi tersebut penting untuk meningkatkan konektivitas ribuan pulau.

“Kita harus menjadi raja di laut kita, cara kita melihat laut juga harus berubah, laut bukan pemisah. Laut adalah penghubung antarpulau, laut bukan lah belakang rumah yang kita punggungi, laut adalah halaman rumah tempat kita menghadap,” tuturnya.

Upaya peningkatan konektivitas antarpulau juga telah dilakukan dengan membangun pelabuhan besar dan kecil di pulau-pulau terpencil. Salah satunya dengan membangun tol laut untuk mempermudah mobilitas barang dan orang antarpulau.

Jokowi mengungkapkan, berbagai potensi kekayaan alam di laut Indonesia, bisa menjadi basis pertumbuhan perekonomian yang merata di pulau-pulau terpencil.

“Sudah selayaknya kita menjadi poros ekonomi maritim dunia, sudah seharusnya kita memperkokoh ekonomi biru kita, blue economy kita. Identitas Indonesia sebagai bangsa maritim harus terus kita pulihkan dan kokohkan, bukan melalui jargon kemaritiman semata, tetapi melalui kerja nyata di berbagai bidang,” ungkapnya.

D For GAEKON