Jokowi Mendadak Panggil Tito, Rapat Tentukan Tanggal Pemilu 2024 Batal

0

Jokowi Mendadak Panggil Tito, Rapat Tentukan Tanggal Pemilu 2024 BatalGaekon.com – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mendadak dipanggil Presiden Joko Widodo, sehingga rapat untuk menetapkan jadwal Pemilu Serentak 2024 ditunda.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Wakil Ketua Komisi II Junimart Girsang mengonfirmasi hal ini. Pihaknya mengatakan bahwa rapat kerja mendadak ditunda lantaran surat Mendagri yang [menyatakan] tidak bisa hadir.

“Raker ditunda karena surat Mendagri yang [menyatakan] tidak bisa hadir. Ada rapat internal mereka yang dipimpin langsung oleh Presiden,” kata Junimart.

Untuk diketahui sebelumnya, Hari ini, Kamis (7/10), Komisi II DPR RI bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, KPU, Bawaslu, dan DKPP dijadwalkan menggelar rapat untuk menetapkan jadwal Pemilu Serentak 2024.

Menurut keterangan Junimart, rapat hari ini semula bertujuan memilih dua tanggal alternatif yang sudah ditetapkan. Diantaranya yaitu 21 Februari sesuai usul KPU, atau 15 Mei sesuai usul pemerintah.

“Raker untuk memutuskan dua alternatif jadwal pemilu. Februari atau Mei 2024,” ujarnya.

Tanggal penetapan Pemilu (Pileg-Pilpres) 2024 memang tengah menjadi perdebatan di DPR. KPU mengusulkan Pemilu digelar pada 21 Februari agar tak terlalu dekat dengan Pilkada yang digelar pada November 2024.

Sementara pemerintah mengusulkan pemilu digelar pada 15 Mei dengan tahapan yang dipersingkat.

Junimart mengatakan raker penetapan tanggal Pemilu 2024 akan dilanjutkan pada masa sidang berikutnya karena Jumat (8/10) DPR sudah memasuki masa reses.

“Raker akan dilakukan pada awal masa sidang berikutnya setelah reses,” ungkapnya.

D For GAEKON