Butuh Waktu Hingga 20 Tahun, Jokowi Ungkapkan Sejumlah Kementerian Akan Pindah Ke IKN Baru Mulai 2024

0

Butuh Waktu Hingga 20 Tahun, Jokowi Ungkapkan Sejumlah Kementerian Akan Pindah Ke IKN Baru Mulai 2024Gaekon.com – Mulai 2024, proses perpindahan sejumlah Kementerian ke ibu kota negara yang baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan dilakukan.

Melansir dari Kompas, Hal ini diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo. Pihaknya mengungkapkan bahwa pemindahan itu akan dilakukan secara bertahap.

Istana Negara Dan Kementerian Yang Paling Awal Pindah

Pada 2024 kemungkinan yang pindah terlebih dahulu adalah Istana Negara dan sejumlah kementerian.

“Pindahnya bertahap. (Tahun) 2024 ini kemungkinan Istana dan empat hingga enam kementerian,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Pada Selasa (18/1), Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) resmi disahkan menjadi undang-undang (UU) melalui rapat paripurna DPR RI. Hal ini membuat rencana pemindahan ibu kota negara “Nusantara” dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kian nyata.

Salah satu yang diatur dalam Draf RUU IKN yang dikonfirmasi oleh anggota Pansus RUU IKN dari Fraksi Nasdem, Willy Aditya adalah lembaga Otorita IKN Nusantara. Menurut Pasal 4 UU IKN, Otorita IKN Nusantara merupakan lembaga setingkat kementerian yang menyelenggarakan pemerintahan daerah khusus IKN Nusantara. Lembaga itu selambat-lambatnya beroperasi akhir tahun ini.

“Otorita IKN Nusantara mulai beroperasi paling lambat pada akhir tahun 2022,” bunyi Pasal 36 UU IKN.

Jokowi memperkirakan, proses perpindahan ke ibu kota negara baru tersebut akan memakan waktu hingga 20 tahun.

“Ibu kota ini perkiraan akan berlangsung 15-20 tahun ke depan,” ungkapnya.

D For GAEKON