Jual 100 Perempuan Muslim, Jagat Twitter Heboh Aplikasi Bulli Bai

0

Jual 100 Perempuan Muslim, Jagat Twitter Heboh Aplikasi Bulli BaiGaekon.com – Jagat Twitter tengah dihebohkan dengan aplikasi Bulli Bai. Aplikasi itu diketahui menjual 100 perempuan Muslim.

Melansir dari Kumparan, Apliaksi ini memicu kemarahan komunitas Muslim di negara asalnya, India, pada akhir pekan lalu.

Sejumlah perempuan yang dilelang oleh aplikasi Bulli Bai termasuk peraih Nobel Pakistan, Malala Yousafzai, dan aktris terkemuka India, Shabana Azmi.

Tak hanya itu, beberapa jurnalis dan aktivis perempuan di India juga melaporkan di media sosial bahwa foto mereka dipakai tanpa izin oleh aplikasi Bulli Bai, dengan keterangan bahwa mereka “dijual”.

Sampai saat ini tidak ada bukti bahwa aplikasi Bulli Bai telah menjual perempuan Muslim.

Namun, “seluruh situs web tampaknya telah dirancang dengan maksud untuk mempermalukan dan menghina perempuan Muslim,” menurut jurnalis Ismat Ara, yang menemukan fotonya di situs tersebut, dalam laporan pengaduannya kepada kepolisian di Delhi, India.

Sebelumnya, Aplikasi Bulli Bai, yang dibuat menggunakan platform coding Github, telah di-take down pada 1 Januari 2022. Saat ini, kepolisian wilayah Delhi dan Mumbai di India tengah menginvestigasi laporan kasus Bulli Bai.

Juli lalu, India juga sempat dihebohkan dengan aplikasi Sulli Deals yang menampilkan sekitar 80 perempuan Muslim untuk dijual.

Menurut keterangan salah satu pendiri situs pengecekan fakta AltNews, Mohammed Zubair, ‘Bulli Bai’ adalah sebuah frasa vulgar yang menggabungkan kata “penis” dalam bahasa di India selatan dengan kata yang umum di India utara yang berarti “pembantu”.

Pada Sabtu (1/1) malam, lusinan perempuan Muslim India mulai memposting kemarahan mereka di media sosial setelah melihat foto mereka di aplikasi Bulli Bai. Banyak dari mereka yang mengaku merasa “trauma” dan “ngeri” dengan kasus ini.

D For GAEKON