Jual Gambar Meme Paus, Bocah 12 Tahun Ini Hasilkan Uang Hingga Rp 5 M

0

Jual Gambar Meme Paus, Bocah 12 Tahun Ini Hasilkan Uang Hingga Rp 5 MGaekon.com – Seorang bocah bernama Benyamin Ahmed yang masih berusia 12 tahun berhasil menghasilkan uang sebesar Rp 5 miliar dari hasil jualan gambar meme paus.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, bocah asal Inggris ini bahkan berpotensi mendapatkan Rp 5,7 miliar dalam waktu dekat. Ia mendapatkan itu semua melalui koleksi memenya.

Meme tersebut ia beri judul Weird Whales (Paus Aneh). Koleksi ini berisi sekumpulan gambar paus dengan macam-macam karakteristik.

Meski hanya sebuah meme, namun harga dari gambar ini bisa meningkat karena Ahmed melelangnya sebagai non-fungible tokens (NFT).

“Aku bukan seniman alami, tetapi aku menonton beberapa video YouTube dan mencari tahu cara menggambar paus dalam bentuk pixel dengan sangat cepat,” kata Ahmed.

Untuk membuat kode koleksi NFT, Ahmed belajar melalui tutorial online dan mentor yang dia temui di platform chat Discord.

“Adikku dan ayahku sangat bersemangat dan terpesona melihat bagaimana mereka muncul,” ungkap Ahmed.

Menurut laporan Fortune, Ahmed mulai menjual NFT meme paus aneh itu sejak Juli 2021. Koleksi Ahmed terjual habis dalam sembilan jam dan berhasil meraup 80 token ether yang saat itu bernilai sekitar 248.000 dolar AS.

Selain mendapatkan ether, Ahmed juga berhak atas komisi royalti 2,5 persen setiap kali NFT meme tersebut dijual di pasar sekunder.

Perjanjian tersebut membuatnya menghasilkan 30 ether tambahan. Kini, keuntungan Ahmed dari menjual NFT meme Paus Aneh mencapai 343.640 dolar AS.

Keuntungan Ahmed di akhir Agustus 2021 diproyeksikan akan mencapai 400.000 dolar AS atau sekitar Rp 5,7 miliar.

Dengan penghasilan yang begitu banyak, Ahmed hanya perlu mengeluarkan 300 dolar AS untuk biaya memverifikasi transaksi NFT meme Paus Aneh yang dia jual.

Hingga saat ini Ahmed tidak memiliki rekening bank tradisional. Ia hanya punya dompet cryptocurrency.

“Saya berencana untuk menyimpan semua ether saya dan tidak mengubahnya menjadi uang kertas,” ucap Ahmed.

Ahmed berencana untuk mengerjakan proyek NFT lain di masa depan. Keluarga Ahmed pun tengah berkonsultasi dengan sejumlah pengacara untuk mematenkan merek dagang meme Weird Whales.

“Ketika orang membeli Paus Aneh, mereka berinvestasi pada saya dan masa depan saya. Jika saya terus seperti ini, saya mungkin akan berakhir seperti pengusaha teknologi lain di luar sana seperti Elon Musk dan Jeff Bezos,” katanya.

NFT adalah token unik yang pada dasarnya untuk memverifikasi karya seni digital tersebut asli dan tidak bisa ditukar dengan yang lain. Hal ini untuk memberikan keyakinan kepada para pembeli bahwa produk tersebut bukan karya salinan dari sesuatu yang dapat dibeli di mana pun.

D For GAEKON