Jumhur Hidayat Hadapi Sidang Vonis Kasus Berita Bohong Hari Ini

0

Jumhur Hidayat Hadapi Sidang Vonis Kasus Berita Bohong Hari IniGaekon.com – Terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks, Jumhur Hidayat menghadapi sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Kamis (11/11).

Melansir dari Suara.com, persidangan itu berlangsung di ruang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, sekitar pukul 10.30 WIB. Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum Jumhur, Oky Wiratama.

“Sidang perkara pidana Jumhur Hidayat akan dilaksanakan pada Kamis, 11 november 2021 dengan agenda pembacaan putusan,” katanya.

Sebelumnya, pada Kamis (28/10) lalu, persidangan sempat dibuka oleh hakim Hapsoro Restu Widodo. Namun, dibukanya sidang putusan untuk menunda sidang putusan terhadap Jumhur Hidayat.

“Untuk putusan belum bisa dibacakan. Kami ada pergantian majelis hakim,” kata Hakim Hapsoro di PN Jakarta Selatan.

Hal ini lantaran salah satu hakim yang menyidangkan Jumhur Hidayat dipindahtugaskan ke Kalimantan. Sehingga, hakim yang menggantikan perlu meneliti dan membutuhkan waktu untuk memberikan putusan.

Dalam sidang sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menuntut terdakwa Jumhur Hidayat tiga tahun penjara.

JPU menyebut, Jumhur diyakini bersalah melanggar Pasal 14 ayat 1 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Jumhur Hidayat sendiri mengaku tak mempermasalahkan sidang pembacaan vonis ditunda oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia berharap dengan hakim yang baru ditunjuk menggantikan anggota hakim sebelumnya yang bertugas di Kalimantan, dapat terlebih dahulu mengkaji semua fakta persidangan dan harapannya pun dapat menerima putusan bebas.

Jumhur juga berharap nantinya majelis hakim dapat memutus perkaranya secara adil. Apalagi, kata Jumhur, dalam perkaranya ini, hanya mengkritik UU Omnibus Law yang juga sampai saat ini tengah diperjuangkan untuk diperbaiki.

D For GAEKON