Kabar Duka Komposer Legendaris Rahayu Supanggah Meninggal Dunia

0

Kabar Duka Komposer Legendaris Rahayu Supanggah Meninggal DuniaGaekon.com – Kabar duka datang dari Dunia seni. Indonesia kembali kehilangan putera terbaiknya yakni Rahayu Supanggah, yang tutup usia hari ini, Selasa (10/11/2020). Komposer yang namanya telah meroket hingga ke manca negara tersebut dikabarkan meninggal karena sakit.

“Prof Dr Rahayu Supanggah wafat di RS Brayat Minulyo Solo pukul 02.45 WIB tadi,” disampaikan oleh pelaksana Humas ISI Surakarta, Esha Karwinarno, Selasa (10/11/2020).

Selain itu, menurut informasi yang diterima, jenazah saat ini disemayamkan di rumah duka Benowo RT 06, RW 08, Ngringo, Jaten, Karanganyar. Rencananya, jenazah Prof Supanggah akan dimakamkan hari ini di Astana Benowo, Karanganyar.

Sebagai informasi, Rahayu Supanggah lahir di Boyolali, 29 Agustus 1949, dari keluarga seniman. Namanya kian melambung di dunia seni bahkan sejak usia remaja ketika masuk Konservatori Karawitan (Kokar) Solo dan dilanjutkan kuliah di Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Solo.

Selain itu, bakatnya semakin terlihat ketika dirinya berada di kampus seni berkat bimbingan langsung dari seniman dan budayawan tangguh (alm) Sedyono Djojokartiko (SD) Hoemardani atau akrab disapa Gendhon Hoemardani.

Kemudian, Supanggah kemudian mengajar di ASKI yang selanjutnya menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Solo dan kini menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Diketahui almarhum pernah menjabat sebagai Ketua STSI Solo periode 1997-2001.

Pada Agustus 2019 lalu, secara resmi, Supanggah menjalani purna tugas dari ISI Solo, kemudian dirinya menjadi dosen terbang program pascasarjana di kampus seni tersebut.

Selain di dunia pendidikan, berbagai penghargaan internasional pernah diraihnya. Sementara itu, penghargaan dalam negeri salah satunya adalah Piala Citra tahun 2006, sebagai penata musik terbaik untuk film ‘Opera Jawa’ arahan sutradara Garin Nugroho.

Karya fenomenal Supanggah salah satunya adalah garapan musik untuk pementasan ‘I La Galigo’ yang diangkat dari karya sastra Bugis. Karya Supanggah akhirnya dipentaskan ke berbagai negara.

Z For GAEKON