Kalteng Bakal Gelar Hajatan Besar Festival Budaya Isen Mulang

0

Kalteng Bakal Gelar Hajatan Besar Festival Budaya Isen MulangGaekon.com – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) akan segera digelar di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pemerintah Daerah menggelar kembali festival tersebut dalam rangka hari jadi ke-65 Provinsi Kalteng.

Festival Diadakan Tanggal 17 – 22 Mei 2022

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan bahwa festival tersebut diharapkan mampu mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk berinovasi dan menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Penyelenggaraan Event Nasional Kebudayaan seperti halnya Festival Budaya Isen Mulang yang pesertanya melibatkan seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah, diharapkan mampu menjadi media bagi para pelaku seni dan pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi mengembangkan karya-karyanya, sehingga bisa dikenal dan diterima masyarakat luas dan juga sebagai salah satu daya tarik bagi wisatawan Nusantara bahkan mancanegara,” ujarnya.

Festival ini akan digelar pada 17 hingga 22 Mei 2022 mendatang. Panitia berencana melibatkan sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari 14 kabupaten/kota di wilayah Kalteng.

Ada beberapa cabang yang akan diperlombakan yakni Lomba Maneweng, Manetek, Manyila Kayu, Habayang, Jukung Tradisional, Besei Kambe, Sepak Sawut, Mangenta, Karungut, Balogo, Tari, Malamang, Lawang Sakepeng, Lagu Daerah, Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata, Manyipet, Mangaruhi, Vlog, dan Lomba Karnaval Budaya.

Pengunjung yang hadir akan dimanjakan oleh penampilan tradisi khas Suku Dayak dalam mengolah makanan atau yang lebih akrab disebut Mangenta.

Kegiatan tersebut rencananya akan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia dan diharapkan mampu menjadi sarana untuk melestarikan budaya serta kuliner nenek moyang.

Tahun ini, FBIM masuk dalam 110 event terpilih nasional yang dikenal dengan nama  Kharisma Event Nusantara tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk diketahui, FBIM sendiri merupakan agenda rutin tahunan pemda Kalteng sejak tahun 1993.

D For GAEKON