Kantongi Swab Antigen Negatif, 17 Penumpang Pesawat Dari Pulau Jawa Ternyata Positif Covid-19

0

Kantongi Swab Antigen Negatif, 17 Penumpang Pesawat Dari Pulau Jawa Ternyata Positif Covid-19Gaekon.com – Sebanyak 17 penumpang pesawat terbang dari Pulau Jawa terkonfirmasi positif Covid-19. Padahal, mereka telah mengantongi surat swab antigen dengan hasil negatif.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Mereka tak lain adalah penumpang dari Pulau Jawa yang masuk ke Riau melalui Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II, Pekanbaru.

Awalnya, ada 19 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun dari 19 orang itu kemudian dilakukan swab PCR dan hasilnya, 17 orang dinyatakan terpapar Covid-19.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir. Pihaknya membenarkan bahwa dari 1.678 penumpang terdapat 17 di antaranya positif Covid-19.

“Berdasarkan hasil rapid antigen di Bandara Sultan Syarif Kasim II terhadap 1.678 penumpang asal Pulau Jawa, 19 orang terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan rapid test antigen,” Kata Mimi.

Penumpang Pesawat Diisolasi Di Asrama Haji

Mimi juga mengatakan bahwa saat ini, mereka tengah diisolasi di Asrama Haji dalam keadaan sehat dan tidak bergejala. Mimi menjelaskan kebanyakan penumpang asal Pulau Jawa merupakan warga Riau yang bepergian ke luar kota.

“Pada umumnya mereka bepergian ke Jakarta dan pulang ke Pekanbaru,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 45 Tahun 2021, saat ini persyaratan penerbangan wajib mencantumkan kartu vaksin Covid-19 dan hasil swab test PCR.

D For GAEKON