Kapal Bocor, 4 Nelayan Ini Terombang Ambing Di Tengah Perairan Belawan Batam Selama 11 Jam

0

Kapal Bocor, 4 Nelayan Ini Terombang Ambing Di Tengah Perairan Belawan Batam Selama 11 JamGaekon.com – Empat nelayan yang terombang ambing di tengah perairan Belawan Batam berhasil dievakuasi Kapal Negara (KN) Pulau Nipah – 321 Bakamla RI pada Kamis (3/6).

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Kapal tersebut mengalami kebocoran kecil sehingga sedikit demi sedikit badan kapal tenggelam.

Kapal ini terapung-apung selama kurang lebih 11 jam. Kapal yang membawa muatan 300 kilogram ikan campur ini merupakan kapal penangkap ikan.

Kabag Humas Bakamla RI Kolenel Wisnu Pradita mengatakan bahwa hampir seluruh badan kapal tenggelam. Empat orang nelayan tersebut, tiga diantaranya bertahan di kapal dan yang satu berusaha berenang untuk mencari pertolongan ke kapal terdekat.

Komandan KN Pulau Nipah – 321 Letkol Bakamla Anto Hartanto memerintahkan untuk segera mengerahkan rigid hulled inflatable boat (RHIB) guna melakukan proses evakuasi.

“RHIB berhasil mengevakuasi tiga orang nelayan yang bertahan di atas kapal. Namun dikarenakan panik, sebelumnya terdapat satu orang nelayan yang berusaha berenang untuk mencari pertolongan ke kapal terdekat lainnya,” kata Wisnu.

RHIB langsung bereakasi cepat menuju satu orang nelayan yang sedang berenang untuk dilakukan evakuasi. Beberapa menit kemudian, RHIB beserta empat orang nelayan telah kembali ke KN Pulau Nipah – 321.

“Berdasarkan informasi dari keempat nelayan tersebut, diketahui bahwa mereka berlayar dari Belawan dan telah melaut selama dua hari. Namun saat perjalanan pulang, sekitar pukul 20.00 WIB (2/6) kapal mengalami mati mesin dan diterpa cuaca buruk,” kata Wisnu.

Setelah dilakukan pertolongan pertama pada keempat nelayan itu, mereka kemudian diantar menuju Belawan.

D For GAEKON