Kapal Kargo Indi Nurmatalia Tabrak Terumbu Karang Hingga Rusak Parah, Polisi Selidiki Penyebabnya

0

Kapal Kargo Indi Nurmatalia Tabrak Terumbu Karang Hingga Rusak Parah, Polisi Selidiki PenyebabnyaGaekon.com – Kapal Kargo Indi Nurmatalia 07 menabrak terumbu karang di perairan Laut Doreri Manokwari pada Senin (9/8) sekitar pukul 20.00 WIT. Akibat kejadian ini, 3 jenis karang mengalami kerusakan parah.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, saat ini kapal tersebut ditahan oleh tim komunitas diving Ketapang Manokwari untuk dimintai pertanggung jawaban atas kerusakan terumbu karang itu.

Kapal Kargo Membawa Semen Conch

Kapal Kargo Indi Nurmatalia 07 ini rencannya akan menuju pelabuhan Timika, Papua. Kapal ini membawa muatan 2.200 ton Semen Conch milik PT SDIC Maruni Manokwari.

Ketua Komunitas Diving Ketapang Manokwari, Alex Sitanala mengatakan, akibat kandasnya kapal Kargo Indi Nurmatalia mengakibakan 3 jenis karang mengalami kerusakan parah dengan areal kerusakan mencapai 52 meter persegi.

“Kami tidak akan membiarkan kapal itu keluar dari Manokwari sebelum menyelesaikan kerusakan karang. Mengingat lokasi itu merupakan salah satu titik transpalansi karang yang pernah dilakukan tim daiving Ketapang Manokwari,” katanya.

Pihak Komunitas Diving Ketapang Manokwari juga telah membuat laporan ke Kantor Pol Air untuk ditindaklanjuti.

“Mereka harus mengganti rugi kerusakan yang terjadi dan berharap pihak kepolisian ambil tindakan tegas,”katanya.

Kasat Pol Air Polres Manokwari, Ipda Edy Sutrisno menerangkan bahwa saat ini kasusnya masih dalam penyelidikan oleh penyidik Sat Pol Air Polres Manokwari, untuk mencari penyebab insiden tersebut.

“Saat ini kita proses lidik dalam artian sedang mengumpulkan saksi- saksi. Dan hari ini sudah dilakukan adalah meminta keterangan saksi yakni pelapor, nahkoda kapal termaksud meminta keterangan KSOP. Bahkan tim penyelam melakukan ivestigasi di dasar kapal untuk mengecek kerusakan karang tersebut,” jelasnya.

D For GAEKON