Berapa Batas Usia Ideal Menikah Bagi Laki-laki dan Perempuan?

Beriku ini ada 3 sumber pedoman mengenai batas usia menikah, yaitu :

1. Menurut BKKBN

Berdasarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) umur ideal untuk menikah bagi perempuan, yakni 21 tahun atau lebih. Pasalnya, bila di bawah usia tersebut dikhawatirkan berisiko pada kesehatannya. Sementara, umur ideal laki-laki untuk menikah yakni di angka 25 tahun. Usia tersebut dinilai tepat karena sudah matang dan dapat berpikir secara dewasa.

2. Menurut Undang-undang

Sementara itu, menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan umur ideal untuk menikah bagi perempuan di angka 19 tahun minimalnya. Bagi pria juga, angka minimal di umur 19 tahun.

3. Dalam Islam

Sementara itu, umur ideal untuk menikah dalam Islam tak ditentukan. Hanya saja, baik pria dan perempuan harus sudah mencapai usia akil baligh atau dewasa.

Dari 3 sumber pandangan mengenai batas usia ideal menikah tersebut, dapat disimpulkan bahwa antara norma hukum dan fakta hukum yang secara konkrit terjadi di masyarakat sangatlah jauh berbeda, karena faktor kedaerahan (budaya) dan faktor Sumber Daya Manusia yang kurang memahami adanya norma hukum yang berlaku. Mayoritas masyarakat masih memiliki pola pikir yang belum matang dalam menyikapi kasus pergaulan remaja di zaman sekarang. Misalnya, seorang anak dibawah umur yang berstatus hamil diluar nikah, keluarga dan lingkungan sekitarnya beranggapan bahwa anak itu harus segera dinikahkan upaya tidak terlalu lama menanggung malu keluarganya, padahal diketahui gadis tersebut belum siap secara psikologis untuk menikah. Hal ini tentunya dapat dihindari dengan cara melakukan pendekatan kekeluargaan kepada anak, memberikan pengetahuan mengenai pendidikan agama,  moral, pendidikan seks  dan segala bentuk edukasi lain yang dapat bersesuaian dengan perkembangan zaman dan lingkungan pergaulan remaja masa kini.

S for GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here