Kapolda Metro Jaya: Negara Dibentuk dari Kebhinekaan Penegakkan Hukum Harus Tegas

0

Kapolda Metro Jaya: Negara Dibentuk dari Kebhinekaan Penegakkan Hukum Harus TegasGaekon.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menegaskan, bahwa penegakan hukum yang tegas akan dilakukan terhadap kelompok atau organisasi masyarakat (ormas) yang melakukan tindak pidana.

“Apa tindak pidananya? Melakukan hate speech, melakukan penghasutan, menyemburkan ujaran kebencian, menyebarkan berita bohong,” ujar Fadil di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/12/2020) pagi.

Selain itu, ormas-ormas yang menggunakan identitas sosial seperti suku dan agama, menurut Fadil, dapat merusak rasa kenyamanan masyarakat dan merobek kebhinekaan di Indonesia.

Apalagi adanya tindak pidana yang berulang kali dan bertahun-tahun dilakukan, seperti menyebarkan kebencian dan menyebarkan berita bohong.

“Enggak boleh. Negara ini dibangun dari kebhinekaan. Nah ini. Saya harus melakukan penegakan hukum yang tegas terhadap model gini. Enggak ada gigi mundur, maju terus,” tambah Fadil.

Dirinya pun juga menegaskan bahwa, ormas-ormas yang melakukan tindak pidana dan meresahkan masyarakat tersebut akan diproses secara hukum. Menurut pandangannya, Indonesia saat ini membutukan keteraturan sosial.

“Kita butuh keteraturan sosial, kita butuh ketertiban sosial. Adalah tugas kapolda untuk menjamin keteraturan dan ketertiban sosial tersebut. Social order, supaya masyarakat bukan hanya merasa aman, tapi dia juga merasa nyaman,” kata Fadil.

Kemudian, penegakan hukum terhadap ormas atau kelompok yang meresahkan masyarakat dilakukan agar dapat menjamin iklim investasi di Indonesia.

“Kedua, supaya iklim investasi ini bisa hidup. Economic development need law and order. Pembangunan ekonomi ini membutuhkan kepastian hukum, keteraturan, dan ketertiban. Supaya investasi bisa datang. Jadi hukum harus ditegakkan,” kata Fadil.

Z For GAEKON