Kapolrestabes Surabaya Siap Turunkan 4.000 Polisi Untuk Amankan Demo Mahasiswa

0

Kapolrestabes Surabaya Siap Turunkan 4.000 Polisi Untuk Amankan Demo Mahasiswa

Gaekon.com – Mahasiswa Surabaya akan berencana menggelar demo pada Kamis (14/4). Kapolrestabes Surabaya Kombespol Akhmad Yusep Gunawan akan menurunkan 4.000 polisi pada aksi demo tersebut.

Melansir dari Jawapos, tak hanya polisi, pengamanan itu juga diperkuat TNI dan Satpol PP. Dalam pengamanan ini, Polrestabes didukung satuan atas. Di antaranya adalah tim dari Polda, TNI, Marinir, hingga Kodam V Brawijaya.

”Begitu juga sepertiga kekuatan dari Polrestabes Surabaya kami standby, kami ploting dan kami gelar di semua titik baik di batas kota dan titik rawan. Kekuatan yang kita siapkan estimasi di atas 4 ribuan anggota,” kata Yusep.

Sebagai langkah antisipasi, Polrestabes memfasilitasi untuk penyampaian aspirasi dari para mahasiswa. Rabu (13/4), mahasiswa akan ditemui untuk audiensi.

Sebelumnya, terjadi kericuhan saat demonstrasi mahasiswa di Madura, Senin (11/4). Pemukulan itu terjadi ketika ribuan mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura hendak masuk ke kantor DPRD Kota Bangkalan. Namun, aparat menghalang-halangi mereka.

Dalam demonstrasi bertajuk Trunojoyo Bergerak itu, sebanyak 5 orang mengalami cedera di kepala dan puluhan lagi luka-luka.

Menurut Abdurrahman Wahid, koordinator gerakan Trunojoyo Bergerak, lima mahasiswa itu menjadi korban pemukulan saat akan masuk ke kantor DPRD Kota Bangkalan.

Demonstrasi mahasiswa itu seharusnya dilaksanakan Senin (11/4), serentak se-Indonesia. Namun, mahasiswa Surabaya memilih mengadakan demo pada Kamis (14/4).

”Alhamdulillah, kami bersama seluruh Forkompinda Kota Surabaya berupaya melakukan komunikasi aktif dengan para mahasiswa maupun organisasi kemahasiswaan. Sehingga, kemarin tidak ada aksi dan relatif kondusif,” ujar Yusep.

D For GAEKON