Kapolri Berhasil Identifikasi, Kini Beredar Foto Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral Makassar

0

Kapolri Berhasil Identifikasi, Kini Beredar Foto Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri Gereja Katedral MakassarGaekon.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil mengidentifikasi identitas salah satu pelaku bom bunuh diri di Depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Listyo menyebut terduga pelaku berinisial L. Menurutnya, L merupakan bagian dari kelompok yang beberapa waktu lalu sudah diamankan.

“Terkait identitas pelaku, inisial L. Yang bersangkutan merupakan (bagian) kelompok pelaku beberapa waktu lalu telah kita amankan. Kelompok ini terkait atau tergabung dengan kelompok yang pernah melaksanakan operasi di Jolo Filipina,” terang Listyo.

Pasca kejadian ini, beredar pula foto dua pelaku sebelum melakukan aksi bom bunuh diri. Mereka adalah sepasang pria dan wanita.

Seorang pria mengemudikan motor dan seorang wanita menggunakan cadar hitam duduk di belakangnya. Keduanya menggunakan motor matic berwarna oranye dengan nomor polisi DD 5984 MD. Dari foto yang beredar, sang pria menggunakan jaket berwarna cokelat disertai dengan peci dan sorban.

Meski demikian, pihak polisi belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait beredarnya foto kedua pelaku.

“2 orang berboncengan menggunakan kendaraan roda 2 jenis matic yang nopol DD 5984 ND ini. Diduga dinaiki oleh 2 orang kemudian terjadi ledakan di depan pintu gerbang gereja Katedral,” terang Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dalam konferensi pers Minggu (28/3) siang.

Menurut keterangan Argo 2 pelaku tersebut akan memasuki pelataran dan pintu gereja katedral. Saat itu, memang tengah ada misa Palma, rangkaian ibadah Paskah. Kemudian keduanya akan masuk ke dalam gereja, namun terhenti oleh sekuriti gereja.

Berdasarkan keterangan Menkopolhukam Mahfud MD, terduga pelaku berjumlah dua orang. Mereka tewas di lokasi kejadian.

Satu orang sudah diketahui merupakan seorang laki-laki. Tapi, satu pelaku lainnya belum terindentifikasi. Belum diketahui pula apakah satu pelaku lainnya perempuan atau laki-laki.

D For GAEKON