Mulai Hari Ini Masa Karantina Umrah Dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Dikurangi Jadi 1 Hari

0

Mulai Hari Ini Masa Karantina Umrah Dan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Dikurangi Jadi 1 HariGaekon.com – Mulai hari ini, Selasa (8/3), masa karantina pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang masuk ke Indonesia dikurangi menjadi hanya satu hari saja.

Melansir dari Kompas, hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga menjadi Koordinator Penanganan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Luar Jawa dan Bali.

“Tadi sesuai arahan bapak Presiden, karantina sudah dikurangi menjadi satu hari, baik itu umrah maupun PPLN mulai dari besok,” kata Airlangga Senin (7/3).

Kebijakan tersebut juga berlaku untuk pelaku perjalanan umrah yang kembali ke Indonesia. Kebijakan pemangkasan masa karantina itu telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas evaluasi PPKM pada Senin (7/3).

Sementara itu, Kementerian Agama (Kemenag) juga akan melakukan penyesuaian kebijakan ibadah umrah. Hal itu karena telah dilakukan pencabutan sejumlah aturan terkait pencegahan Covid-19 oleh pemerintah Arab Saudi, seperti kewajiban trs PCR dan karantina.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengatakan salah satu kebijakan yang akan disesuaikan adalah pemberangkatan jemaah umrah satu pintu lewat asrama haji.

Pencabutan aturan wajib PCR dan karantina di Arab Saudi bisa saja membuat kebijakan satu pintu ini dihapus.

Meski masa karantina PPLN dipangkas menjadi satu hari saja, pemerintah tetap mewaspadai Covid-19 varian Omicron.

D For GAEKON