Kasus Harian Covid-19 Melonjak, Pertumbuhan Ekonomi Hanya Bisa Capai 3,7 Persen

0

Kasus Harian Covid-19 Melonjak, Pertumbuhan Ekonomi Hanya Bisa Capai 3,7 PersenGaekon.com – Lonjakan kasus harian Covid-19 yang terus berlanjut akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam skenario yang berat, pertumbuhan ekonomi diproyeksi hanya bisa mencapai level maksimal 3,7 persen pada sepanjang tahun ini.

Seperti yang dilansir GAEKON dari industrycoid, menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, kondisi ini kemungkinan akan dihadapi Indonesia jika penyebaran Covid-19 terus memuncak hingga lebih dari pekan kedua Juli 2021.

Nantinya, tak menutup kemungkinan akan diikuti oleh perpanjangan pembatasan sosial sampai dengan pekan ketiga Agustus.

“Dalam situasi ini laju perekonomian relatif lebih lambat,” Kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani meyakini bahwa laju pemulihan baru akan terjadi pada awal kuartal IV 2021 memasuki penghujung tahun. Dalam skenario moderat atau ringan, laju kasus harian tidak boleh terus memuncak hingga pekan kedua bulan ini.

Pembatasan Sosial Covid-19 Maksimal Sampai Pekan Pertama Agustus

Pembatasan sosial secara ketat maksimal berlaku sampai dengan pekan pertama Agustus. Jika ini terjadi, maka laju pemulihan sudah bisa terasa pada bulan yang sama.

Sebelumnya, pada awal tahun sebelum kasus Covid-19 melonjak, Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa diraih antara rentang 4,5 persen sampai dengan 5,3 persen.

D For GAEKON