Kasus Penghinaan Wali Kota Surabaya, Saksi Ahli Diperiksa Polisi

0
Kasus Penghinaan Wali Kota Surabaya, Saksi Ahli Diperiksa Polisi

Surabaya, JATIM – Pekembangan kasus penghinaan terhadap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini oleh akun Facebook Zikria Dzatil terus bergulir. Penyidik Satreskrim Polrestabes Surabaya mendatangkan dan memeriksa sejumlah saksi ahli terkait kasus itu.

Baca juga : Polrestabes Segera Tangkap Penghina Risma

Penyidik saat ini tengah menjadwalkan pemeriksaan kepada sejumlah ahli. Mulai dari ahli informasi dan transaksi elektronik (ITE) dan ahli bahasa. Hingga kini, total polisi sudah memeriksa 9 orang saksi.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho mengatakan bahwa kasus ini sudah naik status. “Yang pasti kasusnya sudah naik ke tahap penyidikan,” sebut Sandi, Selasa 28 Januari 2020.

Sembilan orang saksi yang disebut Sandi itu berasal dari beragam elemen. Mulai dari masyarakat, LSM dan termasuk saksi ahli. Pemeriksaan kepada saksi ahli dimaksudkan untuk meneliti kata-kata yang digunakan dalam postingan tersebut. Apakah di dalamnya mengandung ujaran kebencian atau tidak.

“Kemudian apakah kata-kata itu masuk dalam bagian dari fitnah atau tidak, ahli bahasa nanti yang akan menentukan. Sehingga kami nanti berkoordinasi dengan ahli bahasa, ahli pidana dan ahli ITE,” ungkap lulusan terbaik AKPOL 1995 ini kepada GAEKON.

Saat ditanya apakah pemilik akun Facebook Zikria Dzatil sudah diusut keberadaannya, sandi irit bicara. Menurutnya, saat ini penyidik sengaja menutup rapat informasi tersebut sebab yang bersangkutan dalam target pengejaran.

“Yang jelas kita akan mempercepat prosesnya untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat, apalagi yang dilecehkan di media sosial adalah Wali Kota Surabaya,” tukasnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran menyebut bila tim yang dibentuknya terus melacak pengelola akun Facebook Zikria Dzatil tersebut.

“Tim yang kami bentuk masih terus bekerja. Mohon doanya agar kami bisa segera menuntaskan kasus ini,” tambah Sudamiran.

K For GAEKON