Kasus Perundungan MS, Komnas HAM Panggil 3 Pegawai KPI

0

Kasus Perundungan MS, Komnas HAM Panggil 3 Pegawai KPIGaekon.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memanggil tiga pegawai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terkait kasus dugaan perundungan dan pelecehan seksual pegawai KPI berinisial MS.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan bahwa pihak Komnas HAM akan memanggil 3 orang staf berdasarkan rilis yang disebarkan MS.

“Kami memanggil 3 orang staf berdasarkan rilis yang disebarkan MS dan keterangan pimpinan KPI yang minggu lalu menyampaikan kepada Komnas HAM. Tiga orang staf, satu bagian hukum, dan mendampingi,” kata Beka.

Beka mengatakan dari tiga orang yang dipanggil oleh Komnas HAM, salah seorang diantaranya merupakan pegawai satu divisi dengan MS. Mereka dipanggil untuk memberi keterangan terkait situasi dan kondisi kerja.

“Kami merujuk apa yang disampaikan MS dari rilis, tapi ada rotasi atau perpindahan divisi dari divisi A B itu juga diceritakan. Tidak semua rilis itu dikonfirmasi ada bagian-bagian yang bersangkutan itu tidak tahu. Jadi konstruksinya begitu,” tambahnya.

Beka menjelaskan, pemanggilan terhadap para pegawai tersebut juga untuk mengetahui kondisi atau situasi kerja di lingkungan KPI.

“Kedua terkait dengan respons yang ada dari pegawai KPI terhadap peristiwa yang terjadi. Ketiga, pihak-pihak yang dia tahu persis atau mendengar adanya kejadian tersebut, lebih ke sana,” jelasnya.

Ternyata, staf yang dipanggil ini mengaku pernah mendengar langsung dari MS terkait kasus yang saat ini dialaminya. Pihaknya menyarankan agar MS membuat sejumlah langkah.

“Jadi mereka kemudian menjelaskan bahwa mendengar, hanya mendengar kasus yang ada dan kemudian mereka memberi saran kepada MS untuk melakukan langkah-langkah yang memang diperlukan,” jelasnya.

Menurutnya, meski sudah melakukan pemanggilan terhadap sejumlah pegawai KPI. Akan tetapi, apa yang disampaikan oleh mereka yang dipanggil tersebut belum bisa dibandingkan.

Nantinya, Komnas HAM berencana akan melakukan pemanggilan terhadap pegawai KPI lainnya jika memang dibutuhkan.

“Kami merencanakan ada (pemanggilan pegawai KPI lain) tapi ini dikembangkan dulu,” ucapnya.

D For GAEKON