Kasus Ritual Bugil, PBNU: Tak Satu Pun Agama Di Indonesia Yang Memiliki Ritual Mandi Bareng Pria-Wanita

0

Kasus Ritual Bugil, PBNU: Tak Satu Pun Agama Di Indonesia Yang Memiliki Ritual Mandi Bareng Pria-WanitaGaekon.com – Kasus ritual bugil mandi bersama di rawa membuat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) buka suara. Menurutnya tidak ada ajaran agama yang memiliki ritual membersihkan diri dengan mandi bersama.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Detik, Ketua PBNU, Robikin Emhas mengatakan bahwa tidak ada satu pun ajaran agama di Indonesia yang memiliki ritual semacam itu.

“Sependek pengetahuan saya, tidak satu pun agama di Indonesia yang memiliki ritual membersihkan diri dari dosa dengan mandi bersama laki-laki dan perempuan di tempat yang sama dalam waktu yang bersamaan,” terang Robikin.

Adanya kasus seperti ini membuat Robikin berharap agar pemuka agama memperkuat pemahaman masyarakat. Hal ini agar masyarakat tidak melakukan hal-hal yang menyimpang dari nilai-nilai agama.

Robikin juga meminta agar pihak polisi melakukan pembinaan untuk para pengikut Hakekok yang dirungkus itu.

“Agama menuntun setiap pemeluknya agar berbudi luhur. Karenanya agama memberi arah jalan dan tata cara untuk mencapainya dengan cara terhormat. Karena selain bersifat ketuhanan, ujung dari tuntunan agama dimaksud adalah terwujudkan peradaban luhur umat manusia,” jelasnya.

“Saya berharap mereka dibina dengan baik,” tegasnya.

Sebelumnya, sebanyak 16 warga Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten diamankan oleh pihak polisi. Mereka diamankan usai melakukan ritual bugil mandi bersama di rawa. Aksi mereka itu bahkan sempat viral di media sosial.

16 warga ini diduga merupakan bagian dari aliran sesat yang menyebut sebagai kelompok ‘Hakekok Balaksuta’. Wakapolres Pandeglang Kompol Riky Crisma Wardana mengatakan bahwa pihaknya menemukan alat kontrasepsi saat pengamanan, dan alat tersebut saat ini telah disita.

D For GAEKON