Kawasan Padang Savana Taman Nasional Komodo Kebakaran, Hingga Dini Hari Asap Masih Mengepul

0

Kawasan Padang Savana Taman Nasional Komodo Kebakaran, Hingga Dini Hari Asap Masih MengepulGaekon.com – Kawasan Padang Savana Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) kebakaran pada Sabtu (7/8) sekitar pukul 15.00 Wita. Kebakaran savana terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Humali, sebelah selatan Loh Wenci.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Balai Taman Nasional komodo (BTNK), Lukita Awang. Pihaknya menerangkan bahwa kebakaran tersebut terjadi di bagian barat pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Pemali.

“Kebakaran savana terjadi di sebelah barat Pulau Komodo, tepatnya sekitar Laju Humali, sebelah selatan Loh Wenci,” jelas Awang.

Belum Diketahui Penyebab Kebakaran Kawasan Padang Savana

Awang menegaskan bahwa pihak dari Balai Taman Nasional Komodo sedang berusaha untuk memadamkan api. Meski demikian, Awang belum mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut.

“Saat ini penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, karena masih fokus memadamkan api di lokasi, luas lahannya juga belum diketahui secara pasti dikarenakan kondisi malam hari”, jelas Awang.

Sejumlah 20 orang tim dari pihak BTNK berada di lokasi untuk memadamkan api. Hingga dini hari tadi, api belum berhasil dipadamkan, karena masih terlihat asap mengepul di wilayah tersebut.

Wilayah tersebut diketahui merupakan salah satu wilayah habitat hewan komodo dan rusa di Pulau Komodo. Namun menurut Awang lokasi kebakaran tersebut bukan lokasi tempat berkembangbiaknya komodo.

“Untuk lokasi Laju Pemali dipastikan tidak terdapat hewan Komodo, kecuali di lokasi Loh Wencinya,” ungkapnya.

D For GAEKON