Kawasan Wisata Gunung Bromo Hari Ini Dibuka, Wisatawan Wajib Sudah Divaksin

0

Kawasan Wisata Gunung Bromo Hari Ini Dibuka, Wisatawan Wajib Sudah DivaksinGaekon.com – Kawasan wisata Gunung Bromo akan mulai dibuka hari ini, Kamis (9/9). Meski demikian, para wisatawan harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan akan membuka 14 destinasi wisata di daerahnya.

“Total sekitar 14 destinasi wisata yang dikelola Pemkab Probolinggo dibuka,” ujar Timbul.

Wisata yang akan dibuka kembali diantaranya yaitu, Gunung Bromo, Seruni Point dan Metigen View, Rumah Adat Tengger Kecamatan Sukapura, kawasan Wisata P30 Pundak Lembu Desa Wonokerso Kecamatan Sumber, Air Terjun Madakaripura Kecamatan Lumbang, dan sejumlah obyek wisata lainnya.

Meski telah diizinkan berwisata, namun Timbul mengingatkan masyarakat agar jangan bereuforia dulu karena ancaman dari varian baru masih terus ada.

“Tetap ingat empat mata tombak melawan pandemi Covid-19, yaitu protokol kesehatan dengan 5M, tracing testing dan treatment (3T), vaksinasi untuk semua orang, dan pelayanan kesehatan,” ujar Timbul.

Persyaratan masuk kawasan wisata ini tak beda jauh dengan aturan pada umumnya. Para wisatawan harus mematuhi protokol kesehatan dan sudah divaksin yang ditunjukkan melalui aplikasi Pedulilindungi.

“Wisatawan harus tetap mematuhi protokol kesehatan, harus sudah vaksin Covid–19 melalui aplikasi Pedulilindungi, kapasitas pengunjung 25 persen dari jumlah kapasitas area wisata,” kata Timbul.

Destinasi Wisata Yang Dibuka Selain Gunung Bromo

Berikut 14 destinasi wisata yang dibuka kembali:

  1. Kawasan Wisata Gunung Bromo (Seruni Point Dan Metigen View, Rumah Adat Tengger) Kec. Sukapura
  2. Kawasan Wisata P30 Pundak Lembu Desa Wonokerso Kec. Sumber
  3. Kawasan Air Terjun Madakaripura Kec. Lumbang
  4. Kawasan Wisata Tirta Ageng Kab Lumbang
  5. Kawasan Wisata Kampung Madu Kab. Lumbang
  6. Kawasan Wisata Puncaksari Gunung Kembang Kec. Lumbang
  7. Kawasan Wisata Pantai Bahak Kec Tongas
  8. Kawasan Wisata Pantai Bentar Kec Gending
  9. Kawasan Wisata Ronggojalu Kec Tegalsiwalan
  10. Kawasan Wisata Pantai Duta Dan Pantai Bohay, Bukit Geligir Kec. Paiton
  11. Kawasan Wisata Ranu Agung, Ranu Segaran, Air Panas Dan Andung Biru, Bukit Dami, Bukit Betitang, Bukit Candi, Kec. Tiris
  12. Kawasan Wisata Krucil (Air Terjun Dewi Rengganis, Air Terjun Kalipedati, Bremi Eko Park)
  13. Wisata Snorkling Gili Ketapang Kec. Sumberasih
  14. Wisata Minat Minat Khusus Arung Jeram Sungai Pekalen

Kepala Diskominfo, Statistik, dan Persandian Kabupaten Probolinggo Yulius Christian menjelaskan, pembukaan kembali destinasi wisata diharapkan mampu memulihkan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

D For GAEKON