Kebakaran Hutan Terus Melanda, PM Yunani Menilai Musim Panas Di Yunani Kali Ini Mengerikan

0

Kebakaran Hutan Terus Melanda, PM Yunani Menilai Musim Panas Di Yunani Kali Ini MengerikanGaekon.com – Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, menilai musim panas di Yunani kali ini mengerikan. Pasalnya, kebakaran hutan terus melanda negaranya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari IDNTimes, lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikan api. Negara ini disebut mengalami gelombang panas terburuk dalam lebih dari 30 tahun terakhir.

Sebanyak ribuan orang telah dievakuasi dari rumah mereka di beberapa wilayah Yunani. Kyriakos mengatakan prioritas pemerintah yang utama adalah melindungi kehidupan manusia.

Tiga Kebakaran Di Yunani Terjadi Di Hari Yang Sama

Tiga peristiwa kebakaran hutan besar bergolak di Yunani pada hari yang sama, dengan satu mengancam seluruh kota serta memotong garis melintasi Evia, pulau terbesar kedua di Yunani, mengisolasi bagian utaranya.

Sementara yang lain menelan lereng gunung berhutan dan mengitari situs kuno, meninggalkan jejak kehancuran yang oleh seorang pejabat setempat digambarkan sebagai “bencana alkitabiah”.

Kyriakos juga sempat mengunjungi markas pemadam kebakaran di Athena, ia mengungkapkan kesedihan mendalamnya atas kematian petugas pemadam kebakaran.

Kyriakos kemudian mengunjungi bandara, sebelah barat Athena, tempat pesawat pemadam kebakaran lepas landas serta berterima kasih kepada pilot serta Prancis, yang datang untuk mendukung upaya pemadam kebakaran.

Kyriakos berjanji bahwa semua area yang terbakar akan dihutankan kembali. Seorang pejabat lokal di daerah Mani di Peloponnese bagian selatan, Sparta bagian selatan, memperkirakan kebakaran hutan di sana telah menghancurkan sekitar 70 persen wilayahnya.

Sampai saat ini penyebab peristiwa kebakaran hutan tersebut masih diselidiki. Sebanyak 3 warga telah ditangkap pada Jumat (6/8) di wilayah Athena, Yunani bagian tengah, serta bagian selatan. Mereka dicurigai memulai peristiwa kebakaran dalam dua kasus yang disengaja.

Sementara itu seorang lainnya berusia 47 tahun ditangkap pada Sabtu (7/8) di pinggiran Athena Petroupoli karena menyalakan dua api di hutan dan membakar 4 tempat sampah.

Kebakaran yang digambarkan sebagai yang terburuk dalam beberapa dekade telah menyapu pantai selatan Turki selama 10 hari terakhir, yang menyebabkan 8 orang tewas. Pejabat tinggi kehutanan Turki mengatakan 217 peristiwa kebakaran telah dikendalikan sejak tanggal 28 Juli 2021 lalu di lebih dari setengah provinsi Turki.

D For GAEKON