Kasus Kebakaran Kejagung, 5 Terdakwa Divonis 1 Tahun Penjara Dan Mandor Dibebaskan

0

Kasus Kebakaran Kejagung, 5 Terdakwa Divonis 1 Tahun Penjara Dan Mandor DibebaskanGaekon.com – Lima dari enam tedakwa kasus kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung dinyatakan bersalah dan dihukum satu tahun penjara.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Ketua Majelis Hakim Elfian menyatakan kelima terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana karena kealpaanya turut serta membahayakan barang dan nyawa orang lain.

“Menjatuhkan hukuman kepada para terdakwa dengan pidana dengan pidana penjara maksimal selama satu tahun,” kata Hakim Elfian.

Sidang pembacaan putusan para terdakwa berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada Senin (26/7).

Kelima terdakwa tersebut, yakni Imam Sudrajat adalah pekerja yang bertugas memasang wallpaper, Sahrul Karim, Karta, Tarno, dan Halim sebagai pekerja bangunan.

Majelis hakim mempertimbangkan hal yang meringankan terdakwa yaitu berlaku sopan dan berterus-terang di persidangan. Sementara hal yang memberatkan terdakwa, yakni perbuatan terdakwa menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat Indonesia.

“Para terdakwa belum pernah dihukum dan para terdakwa masih memiliki tanggungan keluarga,” ujar hakim.

Vonis hakim tersebut sesuai dengan Pasal 188 tentang KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dan UU no 8 tahun 1981, serta peraturan perundang-undangan lainnya yang bersangkutan.

Mandor Divonis Bebas

Sementara itu, satu terdakwa lain yang bernama Uti Abdul Munir divonis bebas oleh hakim. Munir merupakan mandor dalam pekerjaan di Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).

Pada persidangan sebelumnya, JPU menuntut Uti Abdul Munir dengan 1,5 tahun penjara. Namun Majelis Hakim mempertimbangkannya. Pasalnya, Munir tidak berada di tempat kejadian saat kebakaran terjadi 22 Agustus 2020 silam, sehingga ia tidak terbukti bersalah.

D For GAEKON