Usai Kebakaran Lapas Tangerang, Sejumlah Lapas Kini Mulai Lakukan Pengecekan Instalasi Listrik

0

Usai Kebakaran Lapas Tangerang, Sejumlah Lapas Kini Mulai Lakukan Pengecekan Instalasi ListrikGaekon.com – Insiden kebakaran di Lapas Tangerang Rabu (8/9) lalu diduga karena hubungan arus pendek. Atas insiden itu, kini Lapas di sejumlah daerah melakukan pengecekan instalasi listrik.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Lapas Kelas I Sukamiskin Bandung berkoordinasi dengan Dinas Kebakaran Kota Bandung, memastikan para petugas selalu mengantisipasi pemicu kebakaran. Pihaknya juga mengklaim terus menambah titik-titik penyimpanan alat pemadam api ringan (APAR) di kompleks lapas.

Rutan Makassar juga meminta petugas melakukan pengecekan APAR secara berkala. Kepala Rutan Makassar, Sulistyadi mengatakan bahwa APAR yang dipasang di Rutan berbeda dengan yang lain.

APAR di Rutan Makassar berisi cairan yang bisa meledak memadamkan kobaran api saat terjadi kebakaran.

Sementara Lapas Kalsel memastikan keamanan 9.847 warga binaan dari bahaya kebakaran. Kepala Divisi Pemasyarakan Kanwil Kalsel, Sri Yuwono mengingatkan agar perilaku para warga binaan dan petugas yang berjaga tidak sampai menimbulkan potensi kebakaran.

Lapas Kelas I Semarang, Jawa Tengah juga meningkatkan pengawasan rutin dengan menambah frekuensi pengontrolan di blok dan kamar hunian warga binaan.

Kemudian Lapas Kelas 2B Kabupaten Garut, Jawa Barat, melakukan pemeriksaan kelaikan jaringan listrik untuk menghindari kebakaran. Langkah antisipasi itu dengan menambah daya listrik dari 16.500 VA menjadi 33.000 VA agar stabil saat penggunaan listrik.

Selain itu, seluruh perangkat listrik seperti tempat lampu, atau alat yang menghubungkan dan memutuskan ke jaringan listrik juga diganti.

Sementara untuk daerah Jawa Timur, Kanwil Kemenkumham Jawa Timur menginstruksikan 39 lapas dan rutan di Jatim mengecek instalasi listrik yang ada.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan pengecekan dilakukan pada instalasi listrik yang berada di dalam blok-blok hunian. Seperti kabel maupun stop kontak yang ada.

D For GAEKON