Kekurangan Nakes Ditengah Pandemi, Agensi Tenaga Kerja Jerman Akan Rekrut Perawat Dari Indonesia

0

Kekurangan Nakes Ditengah Pandemi, Agensi Tenaga Kerja Jerman Akan Rekrut Perawat Dari IndonesiaGaekon.com – Agensi tenaga kerja Jerman dikabarkan akan merekrut sejumlah tenaga kesehatan yaitu perawat dari Indonesia. Hal ini lantaran di Jerman kekurangan nakes ditengah pandemi Covid-19.

Melansir dari Liputan6, Kepala Badan Ketenagakerjaan Federal Jerman, Daniel Terzenbach mengatakan bahwa pihaknya tengah mencari pekerja terampil untuk mengisi posisi yang kurang di Jerman.

“Adalah perhatian kami untuk memungkinkan perjanjian semacam itu lebih lanjut untuk diikuti untuk menarik pekerja terampil untuk pasar tenaga kerja Jerman dalam profesi lain yang kurang di Jerman,” katanya.

Kesepakatan Memberikan Peluang Bagi Nakes Indonesia

Menanggapi hal ini, Ketua Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani, mengatakan bahwa kesepakatan tersebut memberikan peluang penghasilan dan pengembangan yang baik bagi nakes Indonesia.

Benny menekankan standar hukum perburuhan yang tinggi di Jerman yang juga berlaku untuk pekerja asing.

Ia meminta ada pendampingan termasuk program calon perawat Indonesia untuk belajar bahasa Jerman dan dengan proses visa, serta dengan integrasi lebih lanjut.

Nakes Indonesia akan melewati proses seleksi terlebih dahulu. Mereka harus dipersiapkan untuk pekerjaan mereka secara linguistik dan profesional selama beberapa bulan di Indonesia.

Perekrutan tersebut akan segera dimulai tahun ini. Entri pertama diharapkan paling cepat pada paruh kedua tahun 2022.

D For GAEKON