Kemenag Dan DPR Akan Segera Bahas Nasib Jemaah Haji 2021

0

Kemenag Dan DPR Akan Segera Bahas Nasib Jemaah Haji 2021Gaekon.com – Pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai negara terutama Indonesia membuat sejumlah momen besar terus mengalami penundaan. Salah satunya yaitu penyelenggaraan ibadah haji tahun 1442H/2021.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Khoirizi mengatakan bahwa akan membahas hal tersebut bersama DPR.

“Yang jelas, apapun keputusan akan dibicarakan antara pemerintah dengan DPR,” kata Khoirizi.

Meski demikian, Khoirizi enggan mengatakan terkait waktu pembahasan yang akan dilakukan dengan DPR. Ia hanya memastikan bahwa Kemenag akan melakukan mitigasi terkait penyelenggaraan haji tahun ini.

Khoirizi mengungkapkan bahwa pemerintah belum memutuskan apakah akan memberangkatkan calon jemaah atau tidak. Pembahasan dan keputusannya akan dikeluarkan setelah ada kebijakan detail dari Arab Saudi.

Maka dari itu, ia berharap Arab Saudi bisa segera mengumumkan teknis operasional haji terutama terkait kuota. Sehingga, Kemenag dan Komisi VIII bisa membahasnya lebih lanjut.

Arab Saudi sendiri telah memutuskan akan membuka lagi penyelenggaraan ibadah haji 2021. Ibadah akan dibuka dengan menerapkan syarat khusus karena masih di masa pandemi virus corona. Meski demikian, pihak Saudi masih belum memberikan informasi rinci terkait kuota dan persyaratan untuk calon jemaah.

D For GAEKON