Kena Sanksi Tilang, Pengendara Moge Terancam Kurungan Dua Bulan

0

Kena Sanksi Tilang, Pengendara Moge Terancam Kurungan Dua BulanGaekon.com – Para pengendara motor gede (moge) yang menerobos ring 1 kawasan Istana Kepresidenan dikenakan sanksi tilang.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, hal ini diungkapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan pihaknya menemukan pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara moge saat itu.

“Seperti uji teknis, kelayakan jalan, termasuk juga pelanggaran seperti mengemudikan kendaraan bermotor secara tidak wajar karena ada terlihat yang standing,” kata Fahri.

Fahri mengatakan bahwa pengendara moge itu dikenakan Pasal 283 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Sanksi tilang pasal 283 termasuk persyaratan teknis dengan ancaman kurungan dua bulan atau denda Rp250 ribu, jadi prosesnya penilangan saja,” ucap Fahri.

Beleid Pasal 283 mengatur sanksi bagi setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar, dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan.

Sebelumnya, Viral aksi para pengendara moge menerobos kawasan ring 1 Istana Kepresidenan. Saat kejadian, personel Paspampres mengklaim telah memperingatkan, namun pengendara tetap melaju. Akhirnya Paspampres menendang pengendara moge untuk menghalau mereka memasuki ring 1 di Jalan Veteran 3.

D For GAEKON