Inilah salah satu DAMPAK POSITIF dari aksi mahasiswa yg menolak RUU-RUU kontroversial yang nyaris saja hendak disahkan oleh DPR belakangan ini.

Dengan adanya aksi2 demo tsb, RUU-RUU ini menjadi ditunda pengesahannya. Di sisi lain, masyarakat awam menjadi “melek” dan tertarik utk ikut membedah isi dari RUU-RUU yang dipermasalahkan, dan ini baik sekali!

Tanpa adanya penundaan akibat gelombang aksi yg masif dari mahasiswa, RUU-RUU tsb sudah pasti telah disahkan mjd UU dan langsung berlaku ke masyarakat tanpa ada waktu bagi masyarakat utk “aware” dan mempelajari terlebih dahulu isi pengaturannya.

Jadi, berterimakasih lah pada aksi mahasiswa saat ini. Jangan malah ikut2an bergaya spt Yasona Laoly yg mengolok-olok aksi mahasiswa hanya karena mereka belum banyak membaca RUU yang mereka permasalahkan. Bahwa masyarakat tidak tahu-menahu soal isi aturan hukum yang akan diberlakukan pada mereka saja itu sudah cukup mjd cermin suatu masalah. Masalah ttg perumusan undang-undang yang tidak dilakukan melalui proses komunikasi secara maksimal antara anggota legislatif dg konstituen mereka.

**Sebagai orang hukum, saya TIDAK hendak membahas isi dari postingan yg saya share berikut. Sebab, sepintas saja sudah terlihat ada kecacatan dalam analisis atas pasal-pasal yang ada. Tapi itu bisa dimaklumi, mengingat ini adalah analisa awam. Bagi saya, adanya awareness dan usaha dari masyarakat utk mengetahu isi aturan hukum yang rencananya akan berlaku bagi mereka saja itu sudah sangat baik!

Bahwa bukan tugas warga untuk mengerti dan membaca undang-undang. Tetapi tugas pemerintah untuk meyakinkan warga bahwa semua undang-undang yang di rumuskan itu adil

J for GAEKON

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here