Kerap Bagikan Sertifikat Tanah Ketika Berkunjung ke Daerah Jokowi Berikan Alasannya

0

Kerap Bagikan Sertifikat Tanah Ketika Berkunjung ke Daerah Jokowi Berikan AlasannyaGaekon.com – Dalam setiap kunjungannya ke berbagai daerah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat setempat.

“Mengapa saya mesti turun bagikan sertifikat. Karena setiap saya masuk ke desa, kampung, keluhan yang masuk ke saya hampir sama, banyak tanah yang belum bersertifikat,” kata Jokowi dalam konferensi pers penyerahan sertifikat tanah secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Senin (09/11/2020).

Kemudian Presiden Jokowi juga mengatakan, bahwa permasalahan tanah kerap menimbulkan sengketa antar-warga maupun antara warga dengan para investor swasta.

Bahkan selama ini dirinya mengaku sering menerima laporan bahwa dalam hal pengurusan sertifikat begitu sulit.

“Yang masuk ke saya, ngurus sertifikat tanah itu susahnya minta ampun. Tapi nggak perlu ngomong ke saya, saya pernah ngalamin ngurusnya lama banget. Jadi enggak perlu diceritain pun, saya sudah tahu,” kata Jokowi.

Oleh karena itulah, ia langsung memerintahkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk melakukan percepatan dan mempermudah dalam pengurusan sertifikat tanah sehingga dalam proses pengurusannya dapat dilakukan secara cepat dan tidak berbelit-belit.

Kemudian dalam pidatonya, Presiden yang juga pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta itu, mengingatkan kepada seluruh masyarakat tentang pentingnya kepemilikan sertifikat sebagai bukti hak atas tanah.

“Jadi sertifikat ini sangat penting untuk mencegah timbulnya sengketa. Mencegah timbulnya konflik pertanahan. Baik individu dengan individu, atau dengan pemerintah, atau dengan perusahaan (swasta),” tuturnya.

Selain itu, sertifikat tersebut juga dapat dijadikan sebagai jaminan kredit ke lembaga keuangan dalam mendapatkan pembiayaan atau modal untuk berwirausaha bagi yang membutuhkan untuk keperluan usaha dan bisnis.

Z For GAEKON