Kereta Api Dari Stasiun Garut Mulai Beroperasi Bulan Depan

0

Kereta Api Dari Stasiun Garut Mulai Beroperasi Bulan DepanGaekon.com – Kereta Api dari Stasiun Garut, Jawa Barat akan segera beroperasi, usai terhenti selama pandemi Covid-19 yang memberlakukan PPKM.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Liputan6, Bupati Garut Rudy Gunawan mengonfirmasi hal ini, pihaknya membenarkan bahwa kereta api tersebut ditargetkan beroperasi bulan depan.

Insyaallah (karena) kemarin PPKM, kami targetkan Oktober ini sudah bisa beroperasi,” ujar Rudy.

Saat ini seluruh fasilitas layanan di Stasiun Garut Kota sudah rampung 100 persen sejak akhir tahun lalu. Namun datangnya pandemi Covid-19 sejak awal tahun lalu, menghambat peresmian pengoperasian kereta api bagi warga.

Rudy berharap mulai terjadi adanya migrasi penumpang transportasi menggunakan fasilitas kereta dengan layanan lebih baik, bebas dari ancaman kemacetan.

“Menggunakan kereta nyaman sekali, tidak ada macet, kan kereta api lain, keretanya juga top,” ujarnya.

Tak hanya itu, Rudy juga berharap dengan adanya kereta api di Garut, mampu meningkatkan volume pengiriman logistik atau barang, termasuk kunjungan wisata dari dan menuju Garut.

“Kunjungan wisata akan lebih banyak, ada pilihan orang lain, mau naik pesawat kan gak ada, bawa mobil atau kereta,” katanya.

Untuk mendukung kemudahan bagi penumpang, Rudy berencana melengkapi fasilitas penghubung bagi penumpang saat berada di Stasiun Garut.

“Nanti di sininya kami benahi, nanti di sini ada mobil-mobil taksi,” terangnya.

Rudy menilai bahwa reaktivasi kereta api stasiun Cibatu-Garut kota sepanjang 19,8 kilometer (KM), memang anugerah bagi warga Garut, untuk memudahkan transportasi masyarakat.

Untuk tahap pertama, rute yang dilalui dari Stasiun Garut kota hanya melayani kelas menengah, dengan jarak tempuh hingga Purwakarta.

“Rutenya minimal Garut-Cibatu sampai Bandung, Padalarang dan Purwakarta, nanti secara bertahap akan ada jalur komersial dari Jakarta menuju Garut,” katanya.

D For GAEKON