Kerugian Akibat Gempa Sulbar Capai Rp233 Milyar, Pemerintah Akan Rekonstruksi Secara Bertahap

0

Kerugian Akibat Gempa Sulbar Capai Rp233 Milyar, Pemerintah Akan Rekonstruksi Secara BertahapGaekon.com – Gempa yang terjadi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat beberapa waktu lalu kini meninggalkan kerugian cukup besar. Nilai kerugian akibat gempa di Kabupaten Mamuju mencapai Rp 120 miliar sedangkan di Kabupaten Majene mencapai Rp 113 miliar.

Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan rehabilitas dan rekonstruksi secara bertahap. Bangunan yang rusak tersebut akan diidentifikasi terlebih dahulu.

“Nanti kita akan identifikasi infrastuktur yang rusak, kemudian perumahan penduduk yang rusak, fasilitas umum yang rusak itu akan kita identifikasi,” ujarnya.

Jika dijumlahkan, Kerugian akibat kerusakan infrastruktur publik maupun bangunan milik warga ditaksir mencapai Rp233 milyar. Korban meninggal dunia akibat gempa ini sebanyak 108 orang, korban hilang 3 orang, luka berat 426 orang, luka sedang dan luka ringan 2943 orang.

Bangunan yang mengalami rusak berat nantinya akan dibantu penanganannya oleh Kementerian PUPR. Sementara itu, BNPB telah menyalurkan bantuan dengan menggunakan helikopter, untuk warga terdampak gempa bumi yang terjebak di perbukitan.

D For GAEKON