Kerugian Capai Rp 43 T Per Hari, Kapal Ever Given Sepanjang 400 M Tersangkut Di Terusan Suez

0

Kerugian Capai Rp 43 T Per Hari, Kapal Ever Given Sepanjang 400 M Tersangkut Di Terusan SuezGaekon.com – Salah satu rute perdagangan tersibuk di dunia terblokir karena kapal kontainer raksasa, Ever Given tersangkut di Terusan Suez.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Detik, pakar sejarah maritim, Sal Mercogliano mengatakan bahwa kerugian akibat kemacetan tersebut mencapai US$3 miliar atau sekitar Rp 43 triliun per hari.

“Organisasi konferensi pengapalan internasional, ISC, mengatakan kerugian akibat kemacetan di Terusan Suez bisa mencapai US$3 miliar per hari,” kata Mercogliano.

Ever Given ini sepanjang empat lapangan sepak bola dengan lebar mencapai 59 meter. Perusahaan Jepang yang memiliki kapal raksasa ini, Shoei Kisen Kaisha, mengakui bahwa mendorong ataupun memindahkan Ever Given ini sangat sulit.

Setidaknya sebanyak 150 kapal terjebak, menanti kapal penyelamat untuk membebaskan kapal sepanjang 400 m yang melenceng dari jalurnya karena angin kencang.

Meski demikian pihak perusahaan akan tetap berusaha sekuat tenaga untuk mengatasi keadaan ini.

Sementara itu, Mesir telah membuka kembali saluran lama di terusan itu untuk mengalihkan beberapa lalu lintas sampai kapal kontainer yang terdampar itu dapat bergerak lagi.

Kapal Ever Given dioperasikan oleh perusahaan perkapalan Evergreen. Sebelumnya, kapal ini sedang dalam perjalanan menuju kota pelabuhan Rotterdam di Belanda dari China.

Kapal ini bergerak ke utara melewati kanal untuk sampai ke Mediterania. Kapal berbobot 200.000 ton itu kandas dan tersangkut dalam posisi miring sekitar pukul 07:40 waktu setempat pada Selasa (23/3).

Dengan panjang 400m dan lebar 59m, kapal tersebut menghalangi jalur kapal lain yang kini terjebak dalam antrean di kedua arah.

Tak hanya berdampak pada kemacetan, kejadian ini juga mengakibatkan kenaikan harga minyak di pasar internasional. Harga minyak mentah di bursa berjangka global pada Rabu (24/3) naik enam persen setelah para pelaku pasar berjaga-jaga atas dampak gangguan di Terusan Suez.

D For GAEKON