KESALAHAN DALAM MERAWAT RAMBUT : MAKSUD HATI INGIN MERAWAT TETAPI JUSTRU MERUSAK

0

Menjaga penampilan bukan hanya sekedar merawat wajah dan kulit. Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat juga. Bahkan sebagian orang menomor satukan rambut sebagai pendukung utama penampilannya. Seperti contohnya wanita.

Wanita akan menggagalkan kencannya ketika rambut mereka tidak bisa diatur. Berbagai macam dibeli seperti vitamin rambut, shampo anti ketombe, dan vitamin rambut lainnya. Selain itu wanita juga rela mengeluarkan uang banyak hanya untuk pergi ke salon melakukan perawatan rambut, seperti smoothing, rebonding, dan semacamnya.

Perawatan tersebut rutin mereka lakukan agar rambut yang dimilikinya tampak indah, halus, wangi,  rapi, dan mudah diatur. Sehingga dengan demikian dapat terjaga penampilannya dan terlihat lebih sempurna. Sebagian wanita juga menyebut rambut sebagai mahkota bagi dirinya. Karena kecantikan wajahnya tidak akan sempurna apabila tidak dibarengi dengan kecantikan rambutnya.

Rutin keramas dan rajin melakukan creambath di salon, tidak bisa menjamin rambut akan sehat. Karena hal itu belum tentu menjadi cara merawat rambut dengan benar. Kebanyakan dari wanita tidak menyadari bahwa aktivitasnya sehari – hari untuk merawat rambut malah justru membuat rambutnya rusak. 

Salah satu yang sering terjadi misalnya mengeringkan rambut dengan temperatur yang sangat panas, sehingga membuat ujung rambut menjadi kering dan bercabang. Agar perawatan rambut dapat maksimal hasilnya, berikut beberapa kesalahan dalam perawatan rambut yang harus di hindari :

Terlalu Banyak Menggunakan Dry Shampoo

Memang dry shampoo membuat rambut tampak segar tanpa repot keramas. Apalagi jika rambut panjang dan aktivitas sedang padat, dry shampoo memang pilihan yang tepat.

Tetapi ada kekurangan dry shampoo yang perlu diketahui, yaitu efeknya yang dapat menutup pori-pori kulit kepala. Minyak alami rambut pun jadi tertahan, padahal minyak alami yang keluar dari kulit kepala dapat melembabkan rambut.

Minyak alami rambut yang sering menyatu dengan dry shampoo akan membentuk gumpalan putih di rambut. Ini menjadi pemicu munculnya ketombe yang akhirnya dapat merusak kesehatan kulit kepala.

Kesalahan Penggunaan Produk

Pastikan selalu membaca cara pemakaian produk perawatan rambut. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan dalam pengaplikasian. Sebagian produk rambut digunakan dengan cara yang berbeda. Misalnya saat mengaplikasikan minyak rambut pada batang rambut, jangan sampai mendekati akar rambut. Hal ini akan membuat rambut tampak lepek.

Untuk tonik, jangan digunakan sampai ke batang rambut karena justru akan membuat rambut kering. Intinya, gunakan produk perawatan rambut sesuai dengan tempat dan kebutuhannya.

Menguncir Rambut Yang Basah

Rambut sangat lemah ketika masih basah. Menguncir rambut saat basah hanya akan membuat tekstur rambut menjadi kasar. Jangan juga mencepol rambut basah semalaman.

Biasanya ini sering dilakukan wanita demi mendapatkan rambut dengan efek bergelombang. Gunakan saja alat styling dan styling cream, saat rambut sudah kering. Hasilnya akan lebih sehat dan natural.

Sering Mengecat Rambut

Mengecat rambut dengan warna yang diinginkan memang menyenangkan. Masalahnya jika rambut bertumbuh, warnanya pun akan berubah karena mengikuti arah pertumbuhan rambut, akhirnya membuat kecanduan ingin mengecat rambut lagi dan lagi. Mengecat rambut terlalu sering tidak baik untuk kesehatan kulit kepala, batang dan akar rambut.

Menggosok Rambut Dengan Kasar

Selesai keramas jangan menggosok-gosok rambut dengan handuk kering, itu akan membuat rambut mudah patah. Remas rambut secara lembut dengan tangan, maka rambut menjadi tidak mudah patah dan rontok.

Menggunakan Hair Dryer Terlalu Panas

Ketika akan mengeringkan rambut dengan hair dryer, jangan langsung memasang temperatur tinggi. Hal ini akan membuat rambut mudah bercabang.

Mulailah dengan temperatur yang rendah terlebih dahulu, setelah setengah kering baru menggunakan temperatur yang agak panas.

Lupa Memakai Head Protectant

Jika ingin rambut sehat, menggunakan heat protectant menjadi wajib saat menata rambut. Selain melindungi rambut dari temperatur panas, heat protectant juga membantu rambut mudah ditata. Jadi tidak hanya mencegah kerusakan rambut, tetapi juga mengoptimalkan alat hair styling. Sehingga rambut bisa terlindungi, rambut sehat, dan hasil gaya rambut lebih baik.

Terlalu Sering Keramas

Dokter kulit, Tsippora Shainhouse., MD., FAAD, mengatakan untuk mengurangi kuantitas keramas, seiring dengan bertambahnya usia, menjadi sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu. Ini berfungsi untuk menghindari pengupasan rambut dari minyak alami. Sehingga tidak membuat rambut kering, rusak, dan mudah patah.

Tidak Pedulikan Kulit Kepala

Hairstylist selebriti, Nunzio Saviano, menekankan pentingnya merawat kulit kepala agar folikel rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Salah satu cara mudah untuk melakukannya adalah dengan memijat kulit kepala secara lembut sebanyak 100 kali setiap hari.

Menggunakan Sisir Yang Salah

“Sisir dari plastik mungkin harganya murah, tetapi itu tidak bisa membantu merawat rambut. Plastik bisa dengan mudah merusak rambut. Belilah sisir yang akan merangsang kulit kepala tanpa merusak rambut,” saran penata rambut, Laura Burns.

Sering Berada Di Bawah Sinar Matahari

Tanpa disadari dengan terpapar sinar matahari langsung dapat membuat rambut menjadi tidak sehat. Dr. Tsippora mengatakan, sinar UV matahari dapat mengeringkan helai rambut dan membuat warna rambut memudar lebih cepat.

Menggunakan Kondisioner Dari Akar Sampai Ke Ujung

Sebenarnya, menggunakan kondisioner di ujung-ujung dan tengah rambut saja sudah cukup. Karena tujuan dari kondisioner adalah mengembalikan kilap rambut dan memperbaiki kerusakan di bagian yang sering terpapar sinar matahari. Nah, memberikan kondisioner di bagian kulit kepala memiliki efek buruk ganda. Pertama, akan melemahkan akar rambut yang memang lebih rapuh. Dan kedua, bisa-bisa jadi ketombe yang menumpuk.

Jangan sampai salah. Maksud hati ingin merawat mempercantik rambut agar bisa tampil maksimal. Namun justru hal – hal yang dilakukan malah merusak rambut.

KL For GAEKON