Ketum Demokrat AHY: Corona adalah Perang Semesta, ‘Total War’!

1

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengutarakan pendapatnya perihal virus corona (Covid-19) yang dinilai bisa memorak-porandakan Indonesia jika tidak ditangani secara baik. AHY tak lupa menyoroti dampak penyebaran corona yang memicu krisis di dunia. Dia juga memberi perhatian lebih pada status darurat bencana di Indonesia akibat corona.

“Hal ini sangat berbahaya, menghantui keselamatan jiwa manusia dan berpotensi memorak-porandakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya fondasi sosial-ekonomi kita,”, kata AHY dalam keterangan tertulis kepada GAEKON, Jumat (20/3).

Pemerintah dipandangnya perlu bertindak dengan cepat dalam menangani virus ini. Terlebih lagi sudah ada 309 kasus penularan dan 25 kematian akibat corona.

Demokrat juga menawarkan beberapa opsi kebijakan kepada pemerintah. Pertama, AHY beserta Demokrat menyarankan Jokowi menerapkan pembatasan kewilayahan atau lockdown secara terbatas.

“Dengan sementara membatasi pergerakan manusia dan menutup arus manusia keluar dan kedalam sebuah wilayah dan dengan tetap menjaga kelancaran arus barang, terutama bahan-bahan pokok, maka diharapkan bisa meminimalisir menyebarnya virus Corona,” tutur AHY.

Di luar itu, AHY juga menyarankan pemerintah agar secepatnya menggelar rapid test secara massal. Dia bilang Indonesia perlu membuka tangan jika ada negara lain yang hendak memberi bantuan untuk tes kesehatan ini.

Putra Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu juga mendesak pemerintah melakukan relaksasi pajak penghasilan, pajak impor, dan percepatan restitusi. Dia berpendapat hal itu perlu disegerakan mengingat IHSG dan nilai mata uang rupiah rontok.

Dia juga berharap Jokowi dan jajarannya mengalihkan anggaran di beberapa pos kebijakan untuk penanganan corona. AHY mengatakan pemerintah perlu mengutamakan para pekerja yang penghasilannya terancam karena krisis ini untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Kepada kelompok yang paling rentan kehilangan pekerjaan dan pendapatan akibat krisis corona ini, perlu diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau program jaring pengaman sosial lainnya,” ucap AHY.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama melawan corona. Dalam pandanngan AHY, kondisi krisis ini harus dilalui bersama. “Saya menganalogikan virus corona sebagai musuh yang kuat dalam sebuah perang semesta, ‘Total War’. Untuk bisa mengalahkan musuh, dan akhirnya memenangkan perang semesta tersebut, maka dibutuhkan strategi dan taktik yang jitu serta dukungan yang kuat,” ucap dia.

W for GAEKON