Khawatir Kasus Covid-19 Naik Lagi, Anggota DPRD Jateng: Setop Dulu PTM

0

Khawatir Kasus Covid-19 Naik Lagi, Anggota DPRD Jateng: Setop Dulu PTMGaekon.com – Usai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Jawa Tengah digelar, kini sejumlah kasus Covid-19 bermunculan. Hal ini sontak disorot Anggota Komisi E DPRD Jateng Yudi Indras Wiendarto.

Yudi mengaku khawatir dengan kasus Covid-19 di Jateng yang sudah mulai landai justru akan terpicu naik kembali dengan PTM di sekolah yang belum siap melaksanakannya. Maka dari itu ia menyarankan untuk setop dulu PTM.

“Setop dulu PTM, kesiapan sekolah dievaluasi. Kalau memang klaster besar maka PTM di wilayah tersebut hendaknya dihentikan dulu semuanya,” jelasnya.

Selanjutnya, siswa diminta kembali belajar secara online dan guru atau tenaga pendidik mesti meningkatkan kemampuan guna memberikan materi dengan kreatif.

Yudi menilai kemunculan klaster Covid-19 di beberapa sekolah itu mesti disikapi serius oleh pemerintah daerah. Menurutnya, tidak boleh ada egoisme sektoral di masa pandemi lantaran satu sektor akan berkaitan dengan sektor lainnya.

“Pendidikan merupakan hal yang penting. Tapi, di saat pandemi seperti ini, perhatikan sektor kesehatan dan ekonomi. Itu juga urgen,” katanya.

Bahkan Yudi mengaku sebelum PTM digelar, pihaknya sudah mengingatkan dinas pendidikan agar tak sembrono dalam menerapkan kebijakan tersebut.

Yudi meminta agar sekolah yang melaksanakan PTM lebih ketat lagi. Contohnya dengan vaksinasi sebagai syarat bagi siswa yang telah memenuhi ketentuan, guru, ataupun keluarga para siswa.

“Misalnya, siswanya sudah (vaksin), guru sudah, kalau orangtuanya atau kakek nenek yang tinggal serumah belum vaksin kan ya sama saja membahayakan. Hal-hal inilah yang mesti juga dipikirkan,” ujar Yudi.

Maka dari itu Yudi mendorong percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemprov serta pemerintah kabupaten dan kota. Mengingat saat ini tingkat vaksinasi di Jateng masih rendah dan belum merata.

D For GAEKON