Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia Di Usia 72 Tahun

0

Ki Manteb Sudharsono Meninggal Dunia Di Usia 72 TahunGaekon.com – Dalang Kondang, Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia pada Jumat (2/7) sekitar pukul 09.45 WIB. Dalang wayang kulit ternama dari Jawa Tengah ini meninggal dunia di usia 72 tahun.

Menurut keterangan seorang rekannya, Sugeng Nugroho, Ki Manteb Sudharsono meninggal dunia dengan diagnosa Covid-19. Sugeng mengatakan bahwa jenazah Ki Manteb akan dimakamkan secara protokol kesehatan.

“Beliau akan dimakamkan secara protokol kesehatan,” terangnya.

Sugeng juga menjelaskan bahwa Ki Manteb memiliki komorbid penyakit di paru-parunya. Sehingga ia sering berobat soal permasalahan paru-parunya.

Perjalanan Hidup Ki Manteb Sudharsono

Ki Manteb Sudharsono lahir di Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948. Ia dijuluki para penggemarnya sebagai Dalang Setan karena keterampilannya dalam memainkan wayang. Ki Manteb Soedharsono juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern.

Dalam dunia pewayangan, Ki Manteb juga menjabat sebagai penasehat di organisasi Paguyuban Dalang Surakarta.

Sejak usia 5 tahun, Ki Manteb sudah bisa mendalang. Orang tua dan kedua kakeknya merupakan dalang kondang. Sehingga Ki Manteb merupakan anak keturunan seorang dalang tusi.

Ketekunan dan kehebatannya mendalang membuat Ki Manteb bisa mendapatkan berbagai penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

D For GAEKON