Ditinggal Pemilik Rumah, Kipas Angin Ini Nyala Berjam-Jam Hingga Ludes Terbakar

0

Ditinggal Pemilik Rumah, Kipas Angin Ini Nyala Berjam-Jam Hingga Ludes TerbakarGaekon.com – Siapa sangka, barang-barang elektronik seperti kipas angin bisa berbahaya jika ditinggalkan dalam keadaan menyala. Seperti kejadian yang baru-baru ini terjadi, sebuah kipas angin terbakar setelah dibiarkan menyala selama berjam-jam.

Dalam video yang diunggah akun @pakde.brengos di instagram memperlihatkan sebuah rumah terancam terbakar usai pemiliknya membiarkan kipas angin menyala saat rumahnya sepi.

Sang pemilik rumah tampaknya lupa mematikan kipas anginnya. Terlebih, kipas angin tersebut menyala saat rumah dalam keadaan kosong dan tidak ada satu pun orang di rumah tersebut.

Dalam video berdurasi 5 menit itu, tepat di detik 17, kipas angin tersebut tampak tiba-tiba mati dengan sendirinya. Rupanya, kipas tersebut mengalami korsleting listrik. Benda itu mendadak mengeluarkan percikan api dari dalam mesinnya.

Terlebih, colokan tersebut tampak masih menempel di salah satu saklar di rumah itu. Tak ayal, beberapa detik berselang, mesin kipas angin tersebut sontak mengeluarkan kobaran api.

Kabel colokan kipas itu juga turut terbakar akibat ulah pemilik rumah yang diduga lupa mematikan barang elektronik tersebut. Api yang keluar dari mesin kipas tersebut tampak berjatuhan ke lantai rumah.

Dalam video CCTV itu terlihat api berkobar melahap seluruh bagian kepala kipas angin hingga baling-balingnya. Tak lama setelah itu, mesin kipas tersebut kemudian tampak meledak hingga menyebabkan kepulan asap membumbung di dalam rumah tersebut.

Anehnya, meski kipas tersebut tidak memiliki bahan yang mudah terbakar, kobaran api tampak tidak kunjung meredup. Di menit 4 lewat 21 detik, kipas angin tersebut tampak ludes dilahap kobaran api.

Video ini kemudian viral dan mengundang komentar warganet. Banyak yang menjadikan insiden ini sebagai pelajaran, namun ada juga yang menyoroti merek kipas angin tersebut. Beberapa menyebut kualitas dan harga juga diduga menjadi penyebab barang elektornik itu mudah mengalami korsleting listrik.

“Mulai hari ini aku harus matikan kipas kalau pergi,” Ungkap @jazzy_samantha_saragih.

“Merk c*na kali jarang yang awet. Di rumah pakai merek sekai 24 jam nonstop udah puluhan tahun baik-baik aja. Pernah service cuma bersihin dinamo doang,” tulis @liesda_bonsar033.

D For GAEKON