Susul Kasus Piala Thomas 2020, KOI Pastikan Merah Putih Bisa Berkibar Di SEA Games 2022

0

Susul Kasus Piala Thomas 2020, KOI Pastikan Merah Putih Bisa Berkibar Di SEA Games 2022Gaekon.com – Komite Olimpiade Indonesia (KOI) pimpinan Raja Sapta Oktohari kini mengupayakan Merah Putih bisa berkibar di SEA Games 2022 nanti.

Hal ini menyusul kasus di Piala Thomas 2020, yang tak bisa mengibarkan bendera merah putih di sejumlah kejuaraan olahraga.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Indosport, Raja Sapta Oktohari, baru saja mengikuti rapat SEAGF yang digelar secara virtual, Senin (18/10).

“Setelah menunggu beberapa bulan, tuan rumah menyatakan siap menyelenggarakan SEA Games ke-31 di Hanoi, tahun depan,” ujar Raja Sapta.

Menpora Zainudin Amali pun menunjuk Raja Sapta sebagai Ketua Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, dan bertugas untuk investigasi hingga mediasi guna meringankan sanksi bagi Indonesia.

“Jika mengikuti selesainya sanksi, memang tidak bisa bendera negara berkibar di multi event, seperti SEA Games hingga Asian Games, Tapi, Satgas ditugaskan untuk mengakselerasi pencabutan sanksi serta investigasi yang sesungguhnya terjadi di Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI),” jelas Raja Sapta.

Namun pihaknya masih mendalami untuk satu bulan ke depan. Pihaknya juga menegaskan akan berusaha maksimal agar LADI bisa segera compliance, sehingga Merah Putih bisa berkibar di SEA Games Hanoi.

Ada empat multi event 2022 yang akan diikuti Indonesia, mulai dari SEA Games (Mei), Islamic Solidarity Games (9-18 Agustus), Asian Games (10-25 September), dan Asian Youth Games (20-28 Desember).

Sedangkan untuk penyelenggaraan Asian Indoor and Martial Art Games (AIMAG) di Thailand, yang seharusnya digelar 10-20 Maret 2022, masih menunggu konfirmasi lanjutan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Sebelumnya, Indonesia mendapat sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA), salah satunya yaitu tak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di banyak kejuaraan olahraga.

Kasus pertama, saat Jonatan Christie dkk menjuarai Piala Thomas 2020 di Denmark, bendera Merah Putih dilarang dikibarkan dan harus diganti dengan bendera PBSI.

Sanksi ini mungkin saja akan diberlakukan selama satu tahun. Alhasil, Indonesia pun terancam tak boleh mengibarkan bendera saat SEA Games di Hanoi, bulan Mei nanti.

D For GAEKON