Kompleks Mal Cito Surabaya Akan Dioperasikan Untuk Rumah Sakit Covid-19

0

Kompleks Mal Cito Surabaya Akan Dioperasikan Untuk Rumah Sakit Covid-19Gaekon.com – Kompleks Mal City Of Tomorrow (Cito) Surabaya akan diubah menjadi Rumah Sakit untuk pasien Covid-19. Pemkot Surabaya akan bekerja sama dengan Siloam Hospital Group untuk menyiapkan fasilitas kesehatan tersebut.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kompas, Nantinya, sebagian bangunan Mal Cito akan disulap menjadi rumah sakit khusus Covid-19. Tak hanya itu, di tempat tersebut juga akan dibuat ruang isolasi.

Meski demikian, menurut Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana masih harus menunggu izin sebagai rumah sakit darurat.

“Untuk penyediaan fasilitas kesehatan yang memanfaatkan gedung Cito, kita masih menunggu izin sebagai rumah sakit darurat,” kata Whisnu.

Rumah Sakit Darurat di Kompleks Mal Cito ini nantinya juga bisa digunakan untuk pasien dari Sidoarjo, bukan hanya warga Surabaya saja. Karena lokasi Mal ini sendiri berada di perbatasan.

Direktur Siloam Hospital Group, Dr Anang Prayudi menyebut, pihaknya akan memanfaatkan tiga lantai di kompleks Mal Cito untuk kebutuhan fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). Saat ini, sudah disiapkan kamar dengan 105 tempat tidur ukuran single.

Nantinya, kapasitas rumah sakit ini bisa dikembangkan lagi menjadi 186 unit. Termasuk 8 ICU yang kini sudah disiapkan bisa dikembangkan menjadi 16 ICU.

“Jumlah itu akan ditambah ketika ke depannya kebutuhan kamar untuk pasien Covid-19 masih dibutuhkan,” jelasnya.

Whisnu berharap izin rumah sakit darurat itu bisa terbit dalam beberapa hari ke depan. Sehingga, kompleks Mal Cito bisa segera beroperasi sebagai rumah sakit darurat.

D For GAEKON