Konfirmasi Pihak Disdik Sumbar Terkait Siswa Nonmuslim Yang Dipaksa Pakai Jilbab

0

Konfirmasi Pihak Disdik Sumbar Terkait Siswa Nonmuslim Yang Dipaksa Pakai JilbabGaekon.com – Video viral tentang seorang siswi nonmuslim di Padang yang dipaksa pakai jilbab kini akhirnya dikonfirmasi oleh pihak Dinas Pendidikan. Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri mengatakan bahwa tidak ada kewajiban bagi seluruh siswi di Kota Padang untuk mengenakan jilbab.

“Tim Disdik Sumbar tengah berada di SMK Negeri 2 Kota Padang itu, untuk memastikan soal video yang viral di media sosial. Tapi intinya, tidak ada aturan wajib bagi seluruh siswi untuk memakai jilbab di sekolah,” tegas Adib.

Adib juga mengatakan bahwa seluruh siswa dan siswi SMK 02 Padang itu bukanlah mayoritas muslim. Maka dari itu salah besar jika pihak sekolah memberikan sanksi kepada siswi yang tidak pakai jilbab di sekolah.

Adib mengaku belum mendapatkan informasi yang pasti terkait alasan pihak sekolah meminta seluruh siswi wajib memakai jilbab selama di sekolah.

Terkait tersebarnya video di akun media sosial itu, pihak Disdik Sumbar mengutus tim ke lapangan untuk menemui pihak sekolah dan juga menemui langsung orang tua murid yang turut menyebarkan video.

“Saya tidak ingin gegabah. Saya mau pastikan dulu keterangan dari dua belah pihak. Bagaimana kesepakatannya, akan diketahui setelah ada pertemuan kedua belah pihak. Saya berkeinginan, akhir dari persoalan ini ada kesepakatan dari kedua belah pihak, agar semuanya clear,” terangnya.

Adib berharap persoalan ini tidak dipelintir, karena berkaitan dengan SARA. Intinya, untuk sekolah SMA/SMK di Sumbar yang menjadi kewenangan Disdik Sumbar, tidak ada yang menetapkan aturan wajib seragam sekolah untuk seluruh siswi itu harus pakai jilbab.

“Sebenarnya sudah cukup ada surat pernyataan dari orang tua murid bahwa anaknya tidak bisa memakai jilbab di sekolah, karena nonmuslim. Surat itu sudah benar, dan pihak sekolah harus memahami itu,” tegasnya.

D For GAEKON