Konflik Ukraina, IKEA Hingga H&M Di Rusia Ditutup

0

Konflik Ukraina, IKEA Hingga H&M Di Rusia DitutupGaekon.com – IKEA dan H&M menghentikan sementara operasional hingga toko di Rusia. Hal ini merupakan salah satu imbas invasi Moskow ke Ukraina.

Melansir dari CNN, IKEA mengatakan peperangan di Ukraina sangat berdampak pada rantai pasokan di kawasan itu.

“Ini (konflik Ukraina) mengakibatkan gangguan pada rantai pasokan dan kondisi pasar,” demikian bunyi pernyataan IKEA.

IKEA mengatakan 15 ribu pekerja akan terdampak dari penghentian operasional di Rusia.

“Ambisi grup perusahaan adalah jangka panjang dan kami telah mengamankan pekerjaan dan stabilitas pendapatan untuk waktu dekat dan memberikan dukungan kepada mereka dan keluarga mereka di wilayah tersebut,” kata IKEA.

Meski demikian, pihak perusahaan akan tetap membayar upah belasan ribu karyawannya itu untuk jangka pendek.

IKEA Memiliki 17 Toko Di Rusia

IKEA juga mengumumkan “sumbangan segera sebesar €20 juta ($22 juta) untuk bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terpaksa mengungsi akibat konflik di Ukraina.”

Raksasa furnitur dunia itu memiliki 17 toko di Rusia. Tak hanya Rusia, IKEA turut menangguhkan operasional di Belarus yang merupakan sekutu Rusia.

Selain IKEA, retail pakaian besar H&M Group (HNNMY) memutuskan menutup sementara seluruh 168 gerainya di Rusia.

“H&M Group peduli dengan semua kolega dan bergabung dengan semua orang di seluruh dunia yang menyerukan perdamaian,” kata peritel mode Swedia itu dalam sebuah pernyataan.

IKEA dan H&M bergabung dengan banyak perusahaan perusahaan global, termasuk Apple (AAPL), Disney (DIS) dan Ford (F), yang menghentikan operasi di Rusia sebagai bentuk protes invasi ke Ukraina.

Ukraina terus berada dalam tekanan menyusul gempuran militer Rusia yang semakin menggila di hari kedelapan invasi berlangsung per Kamis (3/3).

Rusia kembali menggempur sejumlah kota Ukraina, terutama di selatan negara eks Uni Soviet itu.

Presiden Vladimir Putin bahkan bersumpah akan terus melancarkan invasi ke Ukraina tanpa kompromi terlepas dari hujanan sanksi dan boikot yang kian mengisolasi Rusia.

D For GAEKON