Kontak Tembak KKB Dan TNI, Rumah Warga Hingga Menara Bandara Terbakar

0

Kontak Tembak KKB Dan TNI, Rumah Warga Hingga Menara Bandara TerbakarGaekon.com – Kontak tembak antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan TNI pada Kamis (3/6) sekitar pukul 17.50 WIT mengakibatkan Menara atau tower di Kantor Unit Penyelenggara Bandara Udara (UPBU) dan Kantor AirNav di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua terbakar.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, insiden ini dikonfirmasi oleh Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy.

“Iya benar, infonya tower di bandara terbakar,” kata Iqbal.

Meski demikian, Iqbal tak bisa menjelaskan bagaimana kronologi yang menyebabkan pembakaran itu terjadi. Iqbal mengatakan bahwa kebakaran itu telah ada sebelum kontak tembak antara TNI dengan KKB di sekitar bandara.

“Via HT (handy talky), terjadi kontak tembak antara Anggota Paskhas (Korps Pasukan Khas TNI AU), Raider 500, dengan KKB di daerah Bandara dan info via HT dari Paskhas sudah terbakar Tower di Bandara,” katanya.

Iqbal juga mengatakan bahwa bangunan tersebut diduga memiliki dinding kayu dan setinggi dua lantai. Selain tower tersebut, KKB juga membakar perumahan perhubungan udara, dan satu rumah warga.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri menegaskan bahwa saat ini bandara ditutup sementara. Pihak aparat keamanan masih berupaya melakukan pembersihan di sekitar Bandara Aminggaru.

Kapolda menegaskan bahwa dalam kontak tembak dan pembakaran berbagai fasilitas di Bandara Aminggaru tidak ada korban jiwa.

D For GAEKON