Kontak Tembak Dengan KST Di Kiwirok, 1 Anggota TNI Gugur Saat Hendak Evakuasi Jenazah Suster Gabriella

0

Kontak Tembak Dengan KST Di Kiwirok, 1 Anggota TNI Gugur Saat Hendak Evakuasi Jenazah Suster GabriellaGaekon.com – Seorang anggota TNI gugur dalam kontak tembak dengan kelompok separatis Papua (KST) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (21/9), sekitar pukul 06.53 WIT.

Seperti yang dilansir GAEKON dari Kumparan, Hal ini diinformasikan oleh Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arm. Reza Nur Patria.

Anggota TNI yang gugur tersebut adalah Pratu Ida Bagus Putu S, anggota Yonif 403/Wirasada Pratista. Ia diketahui berasal dari Ngabang, Kalimantan Barat.

Menurut keterangan Reza, kontak tembak ini terjadi saat pasukan TNI Polri mengamankan lokasi pendaratan helikopter yang rencananya melakukan evakuasi jenazah Suster Gabriella Meilani (22).

“Satu TNI gugur saat mengamankan proses evakuasi jenazah di Kiwirok. Ini yang menyebabkan evakuasi terhambat,” ungkapnya.

Namun Reza menjelaskan bahwa jenazah prajurit yang gugur telah dibawah ke Jayapura bersama dengan jenazah Suster Gabriella.

“Jenazah prajurit sudah dibawa ke Jayapura bersamaan evakuasi jenazah Suster Gabriella,” jelasnya.

Reza juga mengatakan bahwa sampai saat ini kontak tembak masih terjadi di Kiwirok. Sehingga mengganggu proses pengambilan jenazah.

“Untuk mengambil jenazah ini, kami tetap diganggu oleh KST. Padahal evakuasi ini untuk kemanusiaan dan demi menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Sebelumnya, Pagi tadi, TNI Polri ditembaki dari arah selatan Pos Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista, saat personel di lapangan mengamankan lokasi pendaratan helikopter.

Jenazah Suster Gabriella rencananya akan dibawa ke Jayapura hari ini, Selasa (21/9). Ibu kandung Suster Gabriela, Martina Rinding berharap jenazah putrinya dapat segera dievakuasi ke Jayapura. Ia ingin melihat langsung jenazah putrinya.

Sampai hari ini, rumah duka Suster Gabriella yang berada di Jalan Belut, Expo Waena Distrik Heram, Kota Jayapura masih didatangi sanak keluarga dan kenalan. Pihak keluarga telah menyediakan sebuah tempat tidur yang nantinya akan disemayamkan jenazah sang suster.

D For GAEKON