Korban Hoaks Sembako Gratis, Warga Surabaya Padati Lumbung Pangan Jatim

0
Korban Hoaks Sembako Gratis, Warga Surabaya Padati Lumbung Pangan Jatim

Ratusan warga Surabaya tampak memadati pembukaan Lumbung Pangan Jatim di JX International Surabaya. Lumbung Pangan ini adalah program yang digagas Pemprov Jatim dalam menyediakan sembako murah bagi masyarakat di tengah wabah Corona.

Salah seorang warga, Ayu (30) menjelaskan dirinya sudah mengantre sejak satu jam sebelum pintu utama dibuka pukul 10.00 WIB. Ayu mengaku sempat berdesakan dengan pengunjung lain saat antre. “Saya sudah antre selama satu jam akhirnya bisa masuk,” ujar Ayu kepada GAEKON di JX International Surabaya, Selasa (21/4).

Sebelumnya, antrean jelang pembukaan Lumbung Pangan Jatim tampak mengular. Sejumlah warga bahkan tak mengindahkan protokol physical distancing pencegahan COVID-19. Saat dikonfirmasi, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak mengatakan, saat mendengar kabar adanya antrean, pihaknya langsung mengabari Polda Jatim untuk mengatur warga agar tidak berdesakan.

Emil menyampaikan, ada hoaks yang menginformasikan bahwa di JX International Surabaya ada program pembagian sembako gratis. Ini yang membuat masyarakat berkerumun. “Iya karena ada yang mengembuskan bahwa ini acara pemberian sembako gratis. Tadi pagi saat kita belum mulai operasional. Sekarang sudah terkendali,” imbuh Emil.

Emil menyebut, situasi di lokasi juga telah kondusif. Emil berharap masyarakat tidak perlu panik dan lebih memilih membeli sembako melalui online. “Bu Gubernur sudah menelepon kapolda, dan tim dari polda sudah turun ke lapangan,” pungkas Emil.

Lumbung Pangan Jatim sendiri merupakan program dari Pemprov Jatim guna menjamin ketersediaan bahan pokok masyarakat. Acara yang menyediakan aneka bahan pokok dengan harga murah di bawah harga pasar ini akan dibuka dalam launching pada tanggal 21 April 2020 di Jatim Expo Kota Surabaya.

Sejumlah bahan pokok dijual di Lumbung Pangan Jatim ini. Seperti beras, minyak goreng, telur ayam, gula, daging ayam, daging ikan, dan juga bawang putih.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan Lumbung Pangan Jatim ini memberikan berbagai macam kemudahan di tengah pandemi covid-19 ini. Selain harganya yang murah juga karena dalam Lumbung Pangan Jatim ini bisa diakses dengan cara pembelian online.

“Dalam suasana seperti ini sudah agak susah menggelar Operasi Pasar yang biasa kita lakukan jelang bulan Suci Ramadhan. Maka Lumbung Pangan Jatim ini akan menjadi solusinya. Berdasarkan laporan tim di beberapa kali rapat, sistem yang baru dari penjualan Lumbung Pangan Jatim adalah menggunakan sistem preorder dan drive thru,” kata Gubernur Khofifah, Senin (20/4).

W For GAEKON