Korut Kembali Luncurkan Dua Rudal Balistik, Militer AS Tengah Teliti Jangkauannya

0

Korut Kembali Luncurkan Dua Rudal Balistik, Militer AS Tengah Teliti JangkauannyaGaekon.com – Militer Amerika Serikat saat ini tengah meneliti data terkait luncuran dua rudal balistik dari Korea Utara. Pihaknya meneliti jenis rudal tersebut dan seberapa jauh jangkauannya.

Seperti yang dilansir GAEKON dari CNN, Korea Utara kembali meluncurkan dua rudal balistik ke arah pesisir timur Semenanjung Korea pada Kamis (25/3) pagi.

Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh seorang pejabat senior Amerika Serikat. Korea Selatan dan Amerika Serikat juga mengonfirmasi bahwa Korut menembakkan “proyektil tak teridentifikasi” ke arah Laut Jepang atau Laut Timur.

Namun, ia tak dapat mengonfirmasi jenis proyektil yang ditembakkan dan jumlahnya. Tak hanya itu, Juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang juga mengonfirmasi peluncuran rudal ini.

Menurut Jepang, rudal itu diluncurkan ke arah Laut Jepang atau yang disebut Korea Selatan sebagai Laut Timur.

“Kemungkinan rudal balistik. Rudal itu tidak jatuh di dalam wilayah Kepang dan juga diyakini tidak jatuh di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang,” ujar jubir tersebut, sebagaimana dikutip Reuters.

Peristiwa ini membuat Kemenhan Jepang akhirnya mengimbau kapal-kapal yang melewati perairan tersebut untuk tidak mendekati objek tertentu di laut.

Pihaknya mengimbau awak kapal untuk segera melaporkan ke coast guard Jepang jika melihat objek mencurigakan.

Peluncuran ini menjadi peluncuran rudal kedua Korut dalam sepekan belakangan. Sebelumnya, Korut juga dilaporkan telah meluncurkan dua rudal jarak menengah pada Minggu (21/3). Peluncuran rudal itu merupakan yang pertama setelah Joe Biden dilantik sebagai presiden AS.

Seorang pejabat AS menyatakan bahwa uji coba rudal ini merupakan taktik lama Korut untuk memprovokasi AS dan Korsel. Sementara itu, Biden menanggapi santai peluncuran rudal Korut ini. Menurutnya, peluncuran rudal itu bukanlah sebuah provokasi.

D For GAEKON