KPK Buka Suara Soal Foto NFT Koruptor Di Opensea

0

KPK Buka Suara Soal Foto NFT Koruptor Di OpenseaGaekon.com – Belakangan ini heboh soal foto-foto koruptor dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) yang dijual di OpenSea. Menanggapi hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya buka suara.

Melansir dari CNN, KPK mengaku bahwa pihaknya tidak mempunyai akun di marketplace OpenSea yang menjual foto-foto sejumlah koruptor tersebut.

Foto Koruptor Di NFT Bukan Dari KPK

Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri meminta agar semua pihak tidak menyalahgunakan nama dan logo lembaga KPK.

“KPK tidak pernah membuat akun di marketplace tersebut dan meminta semua pihak agar tidak menyalahgunakan nama dan logo lembaga KPK untuk kepentingan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan,” terangnya.

Ali juga menerangkan KPK tidak pernah melakukan kegiatan melalui medium atau platform apa pun yang bersifat komersial, jual-beli dan kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

“Jika masyarakat menemukan dugaan penipuan menggunakan nama dan logo KPK silakan menghubungi aparat penegak hukum terdekat atau menghubungi Call Center KPK 198,” katanya.

Sebelumnya, beredar akun ‘Komisi Pemberantasan Korupsi’ di OpenSea yang menjual foto-foto terpidana korupsi seperti Setya Novanto, Akil Mochtar, Djoko Susilo, M. Nazaruddin hingga Miranda S. Goeltom.

NFT belakangan ini menjadi ramai usai kesuksesan Ghozali meraup rupiah. Sultan Gustaf al Ghozali alias Ghozali Everyday sempat viral usai penjualan foto swafoto (selfie) dalam bentuk NFT. Ia pun meraup cuan hingga Rp1,5 miliar.

D For GAEKON